Sukses

Tiket Kereta Api di Daop 9 Jember Terjual 92 Ribu Jelang Libur Nataru

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 9 Jember, menyatakan penjulan Tiket Kereta Api dari Banyuwangi ke sejumlah kota sudah terjual 92.721 kursi.

Liputan6.com, Jember Penjulan tiket kereta api dari Banyuwangi ke sejumlah kota sudah terjual 92.721 kursi, atau mencapai sekitar 49 persen dari total kursi yang disediakan sebanyak 188.352 kursi jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Tiket yang terjual paling banyak untuk rangkaian kereta api jarak jauh, salah satunya relasi Banuwangi-Surabaya dan Banyuwangi-Yogyakarta.

“Untuk tiket yang terjual 49 persen dari total kursi yang tersedia saat ini. Dan rata-rata yang terjual kereta api jarak jauh,” ujar Plt Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember, Azhar Zaki Assjari, Kamis (22/12/2022).

Kata dia, meskipun ada aturan baru naik kereta api, namun animo masyarakat berlibur dengan menggunakan Kereta Api tetap tinggi. Sementara itu, pada angkutan nataru tahun ini ada sejumlah aturan baru yang diberlakukan PT KAI.

Diantaranya, penumpang usia 6-12 tahun yang belum vaksin diperbolehkan naik kereta api. Syaratnya harus mengantongi keterangan belum vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas Kesehatan tertentu.

“Ini merupakan peraturan baru yang diberlakukan sejak 19 Desember. Kalau sebelumnya anak- anak yang belum vaksin kedua dilarang naik kereta api,” paparnya.

Sedangkan unyuk syarat penumpang dewasa di atas 18 tahun wajib vaksin ketiga atau booster. Sedangkan WNA minimal vaksin kedua. Bagi yang belum vaksin wajib menunjukan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit pemerintah.

“Sedangkan untuk kereta api lokal syarat utamanya minimal vaksin dosis pertama. Kemudian tidak wajib menunjukan keterangan hasil negatif rapid test antigen. Meski sedikit longgar, seluruh penumpang  kami himbau untuk tetap menggunakan masker,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.