Sukses

Upaya Menyulap Jember Mini Zoo Jadi Lembaga Konservasi Eduwisata

Liputan6.com, Jember Kebun binatang mini Jember Mini Zoo akan disulap menjad lembaga konservasi edukasi wisata (eduwisata), sehingga dapat memiliki koleksi lebih banyak hewan dan satwa langka dilindungi.

“Kami sekarang dalam proses menuju ke lembaga konservasi, sehingga nantinya Jember Mini Zoo bisa lebih berkembang dan satwanya lebih banyak dan menjadi tempat eduwisata yang lebih lengkap,” ujar Owner Jember Mini Zoo Adnan Muhammad, Kamis (1/12/2022).

Saat ini kata dia, koleksi hewan Jember Mini Zoo sebanyak 300 ekor dengan 40 macam spesies di antaranya berbagai jenis ungas dan reptil seperti burung unta, burung merak, biawak dan ular.

“Nantinya kalau sudah menjadi lembaga konservasi, maka hewan langka yang dilindungi seperti harimau, gajah, dan beberapa hewan endemik Indonesia bisa dimiliki oleh Jember Mini Zoo,”paparnya.

Pihaknya juga memperbaiki sejumlah sarana untuk memberikan kenyamanan bagi satwa agar hewan-hewan tersebut tidak stres dan senang dengan kendang yang sudah disediakan.

“Kami juga memiliki tim dokter dan ahli gizi yang selalu memantau perkembangan Kesehatan hewan yang dipelihara, sehingga hewan tersebut tetap sehat,”katanya.

Ia menjelaskan pihaknya juga sudah diundang perkumpulan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan sebagian pengelola kebun binatang di beberapa daerah siap bertukar hewan untuk mengisi koleksi Jember Mini Zoo.

General Manajer Jember Mini Zoo Arif Febrianto mengatakan, proses mengajukan mini zoo menjadi lembaga konservasi tidaklah mudah karena pihaknya menjalani proses itu sudah hampir satu tahun.

“Harapan kami Jember Mini Zoo bisa menjadi lembaga konservasi lebih cepat, sehingga satwa endemic yang dilindungi bisa dipelihara untuk menjadi edukasi wisata lebih menarik dan berkembang,”katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jumlah Hewan Harus Capai 1.000

 

Menurutnya, keikutsertaan Jember Mini Zoo dalam agenda PKBSI semakin menambah semangat untuk mengembangkan edukasi wisata dan melakukan pertukaran hewan dengan kebun binatang lainya, bahkan areal kebun binatang mini itu akan ditambah lagi lebih luas.

“Target kami beberapa satwa yang dilindungi bisa menambah koleksi di Jember Mini Zoo seperti harimau, gajah , beruang, elang Jawa, dan satwa endemic lainya. Kalau menjadi  lembaga konservasi diharapkan jumlah hewanya bisa mencapai 500-1.000 ekor berbagai spesies,”pungkasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS