Sukses

Bupati Jember Bakal Bangun Sentra Industri Hasil Tembakau, Berantas Rokok Ilegal

Dengan pembentukan Sentra IHT, akan mendukung bidang kesejahteraan masyarakat melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

 

Liputan6.com, Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto akan membangun Sentra Industri Hasil Tembakau (IHT) yang diyakini bisa  memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

"Dengan adanya Sentra IHT di situ ada ruang tersendiri bagi pelaku IKM pengolahan tembakau kita rangkul jadikan satu, untuk selanjutnya kita dampingi mengolah hasil tembakau secara legal," ujar Bupati Hendy, Jumat (25/11/2022).

Hendy menyampaikan latar belakang pembentukan Sentra IHT memiliki lima pertimbangan pokok yaitu upaya mengatasi peredaran rokok ilegal, pembinaan IKM, mengoptimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Termbakau (DBHCHT), menumbuhkan industri pendukung, dan memudahkan asistensi dan pengawasan.

“Upaya mengatasi peredaran rokok ilegal akan terus dilakukan dalam rangka pengamanan keuangan negara, penciptaan iklim usaha yang sehat, dan kelancaran pembangunan,” ungkapnya.

Dengan pembentukan Sentra IHT, akan mendukung bidang kesejahteraan masyarakat melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

“Dengan pembangunan IHT kita berharap bisa memberantas peredaran roko illegal yang masih sangat marak di Jember. Ini karena tidak ada wadah untuk membina mereka yang memproduksi rokok illegal," tegas Hendy.

Bupati Hendy meyakini IHT ini nantinya akan berdampak baik terutama bagi petani tembakau. Karena mereka secara resmi telah mempunyai wadah.

“Sekali lagi saya yakin IHT ini akan mensejahterakan masyarakat, mulai dari petani tembakau maupun masyarakat yang berkecimpung di industri tembakau," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.