Sukses

Kembali Diguyur Hujan, BPBD Pamekasan Imbau Waspada Banjir Susulan

BPBD meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, yakni di sepanjang aliran Sungai Kalikamoning dan Kalikoang, agar meningkatkan kewaspadaan.

Liputan6.com, Pamekasan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan menyampaikan peringatan dini akan kemungkinan banjir susulan di daerah ini, akibat hujan deras yang mengguyur pada Senin (7/3/2022).

"Ini penting kami sampaikan agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir di Kota Pamekasan ini meningkatkan kewaspadaan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono, Senin malam, seperti dilansir Antara.

Budi menjelaskan, berdasarkan laporan yang disampaikan personel TRC dan relawan penanggulangan bencana di lapangan, saat ini kondisi air sungai di Palengaan semakin tinggi dan arusnya semakin deras, akibat hujan yang terjadi di Kecamatan Karangpenang Sampang, sejak Senin pagi.

"Karena sebagian aliran dari Kecamatan Karang Penang, Sampang itu juga ke sungai yang menuju Pamekasan," kata Budi.

Oleh karena itu, sambung Budi, jika di wilayah utara Pamekasan hujan deras, maka potensi banjir kiriman juga bisa terjadi di wilayah ini.

"Saat banjir pada 1 Maret hingga 3 Maret kemarin itu, kan di Kota Sampang juga terjadi banjir, sama seperti di Pamekasan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjunkan Tim

Budi lebih lanjut menjelaskan, pihaknya meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, yakni di sepanjang aliran Sungai Kalikamoning dan Kalikoang, agar meningkatkan kewaspadaan.

"Kami juga telah menerjunkan tim guna memantau perkembangan terkini, sehingga jika terjadi banjir bisa segera diantisipasi," katanya.

Sebelumnya, BPBD Pemkab Pamekasan mencatat, musibah banjir yang melanda Pamekasan pada 1 hingga 3 Maret 2022 telah menyebabkan sebanyak 6.329 kepala keluarga terdampak.

Banjir yang menggenangi tujuh kelurahan dan 12 desa di empat kecamatan, yakni Kecamatan Pamekasan, Padewawu, Palengaan dan Proppo itu juga merendam tujuh Sekolah Dasar Negeri dan 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan jumlah total warga terdampak sebanyak 16.986 jiwa, dan sebanyak 450 jiwa dievakuasi karena terjebak banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.