Sukses

Malaysia Ingin Coret Cabor Unggulan Indonesia di SEA Games 2017

Malaysia baru saja melakukan registrasi tahap pertama cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dalam SEA Games 2017.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Dewan Olimpiade Malaysia (MOM) baru saja melakukan registrasi tahap pertama cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dalam SEA Games 2017. Hasilnya mengejutkan, karena dari 34 kategori, mereka tak memasukkan olahraga anggar, judo, triatlon, binaraga serta kano. Cabang tersebut unggulan Indonesia untuk mendulang emas.

Baca Juga

  • Hidup di Spanyol, Evan Dimas Bisa Masak Nasi Goreng
  • Klub Brasil Pamer Model Seksi di Peluncuran Jersey Anyar
  • Media Inggris Pastikan Rio Haryanto 'Tendang' Satu Rival di Manor

Potensi perolehan emas Indonesia bisa berkurang karena Indonesia tak bisa mengirimkan atlet kano dan judo tahun depan. Pasalnya, dua cabor ini turut menyumbangkan medali saat SEA Games 2015 lalu di Singapura.

Kano tahun lalu berhasil mengumpulkan 13 medali emas masing-masing dari cabang dayung (8 emas), cabang perahu naga (2), serta cabang kano dan kayak (3). Sedangkan judo, Tim Merah Putih berhasil keluar sebagai juara umum lewat koleksi empat medali emas.

Seperti yang dilansir dari media lokal Berita Harian, Rabu (17/2) sore, Presiden MOM, Tunku Tan Sri Imran Tuanku Ja'afar lebih memilih mempertahankan olahraga populer negara-negara persemakmuran Inggris, semisal kriket.

"Kriket juga akan dipertandingkan selain olahraga populer lain," katanya usai pertemuan dengan Komite Teknis SEA Games 2017 di Wisma MOM.

Sebanyak 34 cabang olahraga ini nantinya bisa bertambah usai MOM menerima respon dari empat federasi olahraga yang dicoret namanya. Keputusan final akan diumumkan dalam pertemuan Federasi SEA Games (SGF) di Kuala Lumpur, Malaysia, 13-14 Juli 2016 mendatang.

Sebelumnya, pada Juni 2015 lalu SGF mengumumkan ice skating dan hoki es akan ditambahkan ke daftar kategori olahraga yang dipertandingan. Sebagai pemanasan, Asosiasi Ice Skating Singapura (SISA) menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam turnamen tingkat ASEAN pekan depan bertajuk Tri-Series South East Asia Cup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini