Sukses

Menjelajah Eksotisme Pulau Widi, Surga Tersembunyi Halmahera

Saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan di pulau ini menjadi semakin menakjubkan dengan pantulan cahaya matahari

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Widi di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara adalah salah satu destinasi wisata tersembunyi menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Widi yang terdiri dari sekitar 100 pulau kecil.

Dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang mempesona, Pulau Widi menjanjikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung.

Kepulauan Widi sering kali disebut sebagai Maldives-nya Indonesia karena keindahannya yang sebanding dengan destinasi wisata kelas dunia tersebut. Pantai-pantai di Pulau Widi dihiasi dengan pasir putih yang halus dan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan di pulau ini menjadi semakin menakjubkan dengan pantulan cahaya matahari yang menciptakan panorama indah di permukaan air.

Bagi para pecinta bawah laut, Pulau Widi adalah surga tersendiri. Terumbu karang di sekitar pulau ini masih sangat terjaga dan menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Berbagai jenis ikan tropis, penyu, dan biota laut lainnya dapat ditemukan dengan mudah saat snorkeling atau diving. Aktivitas menyelam di Pulau Widi akan membawa pengunjung untuk melihat keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, menjadikannya pengalaman yang sangat berkesan.

Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Widi juga memiliki ekosistem daratan yang menarik. Hutan mangrove yang lebat dan berbagai jenis flora serta fauna endemik memberikan nuansa alami yang menenangkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keramahan Penduduk Lokal

Para pengunjung dapat menjelajahi hutan ini sambil mengamati burung-burung eksotis dan hewan liar lainnya yang hidup di sana. Pulau Widi juga menjadi tempat penting bagi penelitian ilmiah dan konservasi keanekaragaman hayati.

Akses ke Pulau Widi memang masih terbatas, namun justru inilah yang membuatnya tetap alami dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung biasanya harus menyewa kapal dari Pulau Bacan atau Labuha, yang memakan waktu sekitar dua hingga tiga jam perjalanan laut.

Meski perjalanan mungkin terasa menantang, pemandangan yang menanti di Pulau Widi sangat sepadan dengan usaha yang dikeluarkan. Keindahan Pulau Widi juga dilengkapi dengan keramahan penduduk lokal yang tinggal di sekitar kepulauan ini.

Mereka menyambut wisatawan dengan hangat dan sering kali menawarkan pengalaman budaya lokal yang otentik. Pengunjung dapat belajar tentang tradisi dan cara hidup masyarakat setempat, mencicipi kuliner khas, dan bahkan ikut serta dalam kegiatan sehari-hari seperti memancing atau bertani.

Pulau Widi adalah destinasi yang ideal bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli. Keberadaan pulau ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Dengan meningkatnya minat wisatawan untuk mengunjungi Pulau Widi, diharapkan ada upaya yang lebih besar untuk menjaga keindahan alam dan budaya lokal yang ada, sehingga generasi mendatang juga dapat menikmati surga tersembunyi ini.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.