Sukses

Gurun Pasir Pantai Oetune, Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur

Setiap angin yang berembus akan membentuk pola-pola indah di permukaan pasir, membuat setiap kunjungan ke tempat ini selalu menawarkan pemandangan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Oetune terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putih yang luas dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Salah satu daya tarik utama Pantai Oetune adalah gurun pasir yang unik dan jarang ditemukan di wilayah Indonesia. Gurun pasir ini memberikan sentuhan eksotis pada pantai, menciptakan kombinasi pemandangan yang menakjubkan antara lautan biru dan hamparan pasir yang luas.

Gurun pasir di Pantai Oetune membentang luas dengan bukit-bukit pasir yang bergelombang, mirip dengan pemandangan di gurun Sahara. Pasir di sini berwarna putih kekuningan dan sangat halus, memberikan sensasi berbeda saat disentuh dan diinjak.

Setiap angin yang berhembus akan membentuk pola-pola indah di permukaan pasir, membuat setiap kunjungan ke tempat ini selalu menawarkan pemandangan yang berbeda. Keindahan ini semakin memesona saat matahari terbit atau terbenam, ketika sinar matahari memantulkan warna-warni cantik pada pasir dan laut.

Pesona gurun pasir di Pantai Oetune tidak hanya pada keindahan visualnya, tetapi juga pada pengalaman yang ditawarkannya. Wisatawan dapat mencoba berjalan kaki melintasi bukit-bukit pasir, merasakan sensasi seperti berada di gurun yang sebenarnya.

Aktivitas lain yang populer adalah sandboarding, di mana pengunjung dapat meluncur di atas pasir menggunakan papan khusus, memberikan sensasi yang mirip dengan snowboarding. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan tantangan tersendiri bagi para pencari adrenalin.

Kehidupan sekitar gurun pasir Pantai Oetune juga menarik untuk dijelajahi. Beberapa flora dan fauna yang tahan terhadap kondisi pasir dan angin bisa ditemukan di sekitar area ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surga Tersembunyi

Selain itu, penduduk setempat yang ramah seringkali dengan senang hati berbagi cerita tentang legenda dan sejarah pantai serta gurun pasir ini. Mereka juga menawarkan kerajinan tangan khas daerah yang bisa dijadikan oleh-oleh, menambah nilai budaya dari kunjungan ke Pantai Oetune.

Untuk mencapai Pantai Oetune, wisatawan perlu melakukan perjalanan dari Kota Kupang, ibu kota NTT, menuju Kota Soe. Dari Soe, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Oetune yang memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan kendaraan darat.

Meski perjalanannya cukup panjang, namun keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh Pantai Oetune sebanding dengan usaha yang dikeluarkan. Infrastruktur jalan yang menuju pantai ini juga sudah cukup baik, memudahkan akses bagi wisatawan.

Secara keseluruhan, Pantai Oetune dengan gurun pasirnya adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi bagi siapa saja yang mencari keindahan alam yang berbeda di Indonesia.

Kombinasi pemandangan laut yang menenangkan dan gurun pasir yang eksotis menjadikan tempat ini sebagai surga tersembunyi di Nusa Tenggara Timur. Dengan pesonanya yang unik, Pantai Oetune tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini