Sukses

Bobby Nasution Ungguli Lawan di Survei Pilgub Sumut 2024, Ini 5 Poin Utamanya

Nama populer dan paling diinginkan adalah Bobby Nasution yang saat ini masih menjabat Wali Kota Medan. Saat ini elektabilitas Bobby Nasution tertinggi dibandingkan nama-nama yang muncul digadang maju Pilgub Sumut 2024

Liputan6.com, Medan Lembaga Survei Vote Institute merilis hasil survei terbaru mereka menjelang kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) pada Pilkada serentak yang akan berlangsung November 2024 mendatang.

Hasil survei yang melibatkan 1.800 responden di 33 kabupaten/kota di Sumut itu, ada setidaknya 21 tokoh yang menjadi objek wawancara terkait siapa yang paling diinginkan untuk menjadi Gubernur Sumut selanjutnya.

Nama populer dan paling diinginkan adalah Bobby Nasution yang saat ini masih menjabat Wali Kota Medan. Saat ini elektabilitas Bobby Nasution pun tertinggi dibandingkan nama-nama yang muncul digadang maju Pilgub Sumut 2024.

Hal itu dijelaskan pengamat di Vote Institute, Hanim, Selasa (28/5/2024). Diungkapkan Hanim, setidaknya ada beberapa poin yang membuat Bobby Nasution dipercaya mampu memimpin Provinsi Sumut.

"Figur Bobby Nasution merupakan bakal calon gubernur yang memiliki popularitas dan elektabilitas paling tinggi di antara nama-nama yang sempat muncul ke publik. Angka popularitasnya mencapai 21,4 persen," papar Hanim.

"Pertanyaan popularitas ini diajukan tanpa bantuan showcard, dalam artian berdasarkan top of mind dari responden," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Ketertarikan Memilih Bobby Nasution?

Elektabilitas Bobby Nasution bahkan berada pada angka yang lebih tinggi per Mei 2024, nilainya mencapai 35,2 persen. Lalu, apa ketertarikan utama memilih Bobby Nasution? Apakah karena ada kaitan dengan kinerja di Kota Medan.

Disebutkan Hanim, selama ini figur Bobby Nasution hanya dikaitkan dengan status sebagai menantu Jokowi. Hal ini tidak dipungkiri menjadi salah satu pertimbangan. Akan tetapi hasil survei menunjukkan bahwa hal yang paling diingat adalah figurnya sebagai Wali Kota Medan.

Ada 27,5 persen yang mengingatnya sebagai Wali Kota Medan, dan ada 23,3 persen yang mengaitkan figurnya dengan Jokowi.

"Akan tetapi, Bobby Nasution as person juga diingat sebagai figur yang tegas dan berwibawa, sudah terlihat kinerjanya, merakyat dan mau menerima aspirasi rakyat," papar Hanim lagi.

3 dari 4 halaman

Kedekatan dengan Pusat

Konon, keterkaitan dengan Jokowi juga menjadikan eletabiltas Bobby Nasution tinggi. Sebab, kedekatan dengan pusat membuat potensi pembangunan di Sumut akan lebih mulus.

"Hal yang bisa dijelaskan dari survei bahwa ada kaitan antara kepuasan terhadap Jokowi dan elektabilitas Bobby Nasution. Sebanyak 76 persen pemilih Bobby Nasution adalah orang-orang yang puas dengan kinerja Jokowi," lanjutnya.

Lantas, apa hal utama yang membuat Bobby Nasution unggul dari tokoh lain? Ternyata pemilih menyukai beberapa karakter kepemimpinan, yang tampaknya ada pada figur Bobby Nasution.

"Karakter seperti tegas dan berwibawa jadi pertimbangan utama pemilih Sumut. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa figur ini masih dianggap jujur dan bebas dari korupsi, serta merakyat. Itu yang jadi poin utama keunggulan Bobby dibanding figur lain," Hanim mengungkapkan.

4 dari 4 halaman

Berusia Muda

Ditemukan juga pada survei tersebut, bahwa generasi muda di Sumut sangat tertarik untuk memilih Bobby Nasution yang juga masih berusia muda.

"Dibandingkan dengan bakal calon lain, pemilih muda memang cenderung memilih figur Bobby Nasution. Ada kecenderungan bahwa persentase pemilih Bobby Nasution menurun pada mereka yang berusia 55 tahun ke atas," Hanim menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.