Sukses

Cegah Risiko Cacat Lahir, Ini Pentingnya Memilih Suplemen yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin

Selama masa kehamilan, konsumsi vitamin dan suplemen kehamilan sangat penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi baik bagi ibu maupun janin.

Liputan6.com, Jakarta - Angka kematian janin di Indonesia menjadi salah satu permasalahan terbesar yang butuh perhatian khusus. Menurut data (SDKI, 2012), angka kematian bayi di Indonesia tercatat mencapai 32/1000.

Kelainan bawaan, atau sering disebut dengan cacat lahir di dalam kandungan, memegang peranan besar sebagai penyebab kematian janin di Indonesia.

Menjaga pola makan yang sehat selama kehamilan adalah kunci penting untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Namun, makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Selama masa kehamilan, konsumsi vitamin dan suplemen kehamilan sangat penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi baik bagi ibu maupun janin.

“Asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin D adalah beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi selama kehamilan, terutama trimester pertama. Selain itu, istirahat yang cukup juga sangat penting selama kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin,” kata Dokter Deka, Sp.OG dari Medikacare.

Berikut ini ialah beberapa manfaat konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung berbagai nutrisi tersebut untuk ibu dan janin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Suplemen Kehamilan

1. Mencegah cacat lahir

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, merupakan nutrisi krusial yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan. Asam folat memiliki peran penting dalam mencegah cacat lahir dengan membantu pembentukan DNA, pertumbuhan sel, dan meningkatkan fungsi otak pada janin.

2. Mencegah anemia pada kehamilan

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang sering terjadi selama kehamilan karena kekurangan sel darah merah atau zat besi. Konsumsi zat besi selama kehamilan membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu dan janin, menjaga kesehatan plasenta, dan memenuhi kebutuhan sel darah merah saat proses persalinan.

3. Membantu pembentukan tulang janin

Kalsium adalah jenis nutrisi yang perlu dipenuhi selama kehamilan karena berperan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada janin. Selain itu, kalsium juga berkontribusi pada kesehatan sistem saraf, regulasi hormon, dan membantu kekuatan otot untuk persalinan. 

4. Membantu meningkatkan kecerdasan janin

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa rendahnya asupan lemak omega-3, atau DHA, dapat berhubungan dengan penurunan tingkat IQ janin, peningkatan risiko autisme, dan persalinan prematur. Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan yang cukup dari DHA selama kehamilan.

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil

Menyikapi risiko cacat lahir yang menjadi salah satu penyebab terbesar kematian janin di Indonesia, penting bagi ibu hamil untuk memilih suplemen yang sesuai. Globumil menjadi salah satu pilihan terbaik, mengandung nutrisi penting seperti asam folat, DHA, zat besi, kalsium, zinc, serta vitamin dan mineral lainnya.

Globumil mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan seperti:

1. Asam folat sebanyak 1000 mcg, yang berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada janin.

2. DHA sebanyak 100 mg, untuk mendukung perkembangan optimal otak janin.

3. Zat besi sebanyak 7.5 mg, membantu mencegah anemia selama kehamilan dan pendarahan pasca persalinan.

4. Kalsium sebanyak 31.25 mg, berguna dalam pencegahan osteoporosis dan mengurangi risiko hipertensi atau preeklamsia.

5. Zinc sebanyak 3.95 mg, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh ibu dan janin.

6. Mineral dan multivitamin lainnya yang berperan dalam menjaga kualitas ASI serta kesehatan ibu selama kehamilan.

Dosis penggunaan Globumil adalah 1 x 1 kapsul per hari, dan diminum pada malam hari. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat nasihat yang tepat tentang kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Pilihlah suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan perkembangan janin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini