Sukses

Jalur Mandiri Universitas Andalas Dibuka, Berikut Informasi Lengkapnya

Unand saat ini ada tiga program studi baru yakni Arsitektur, Kewirausahaan, dan Ekonomi Islam menerima mahasiswa baru.

Liputan6.com, Padang - Universitas Andalas (Unand) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SIMA). Untuk jalur ini, Unand menyediakan kuota sebanyak 2.283 kursi untuk mahasiswa baru.

"Pendaftaran akan dimulai pada Senin (27/5/2024) hingga Senin (24/6/2024) mendatang, kata Wakil Rektor I UNAND, Prof Syukri Arief, Rabu (22/5/2024).

Untuk penerimaan melalui jalur SIMA terdapat enam jalur, seperti SIMA Prestasi, SIMA Akademik (menggunakan Nilai UTBK dan SIMA Akademik Ujian Tulis), SIMA Difabel, SIMA Kerjasama, SIMA Kelas Internasional dan SIMA Mahasiswa Internasional.

Pada umumnya, lanjutnya, pelaksanaan SIMA ini sama dengan tahun lalu. Bedanya, tahun ini mengakomodir Kurikulum Merdeka. Sementara tahun lalu belum mengakomodir dan menggunakan penggolongan kategori IPA dan IPS.

Kemudian untuk calon peserta jalur SIMA, boleh mendaftar pada lebih dari satu jalur seleksi dengan membayar biaya pendaftaran pada setiap jalur yang dipilih.

"Namun, pilihan program studi dan urutannya harus sama untuk setiap jalur dan maksimal tiga program studi," kata dia.

Rektor menyebut untuk secara keseluruhan pada tahun ini, Unand menerima sebanyak 7.550 mahasiswa baru. Seperti melalui jalur SNBP sebanyak 2.240 kursi, jalur SNBT 2.982 kursi dan jalur Seleksi Mandiri (SIMA) sendiri sebanyak 2.283 kursi.

Selain itu, di Unand, saat ini ada tiga program studi baru yakni Arsitektur, Kewirausahaan, dan Ekonomi Islam menerima mahasiswa baru.

"Khusus untuk Prodi Arsitektur yang tahun ini baru menerima mahasiswa baru akan diadakan ujian menggambar bagi peserta seleksi," kata dia.

"Bagi calon mahasiswa baru, untuk mengetahui informasi lebih lanjut silakan klik Informasi PMB Unand pada link https://pmb.unand.ac.id/," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini