Sukses

5 Camilan Berbahan Singkong Khas Minangkabau

Masyarakat di provinsi ini terbiasa mengolah makananan yang berasal dari hasil bumi di sekitarnya

Liputan6.com, Padang - Sumatera Barat tak pernah ingkar janji soal ragam kulinernya yang lezat. Bahkan dari satu bahan saja, bisa diolah menjadi banyak variasi makanan.

Salah satu camilan yang populer dan khas dari daerah ini adalah camilan berbahan dasar singkong. Singkong, yang dikenal dengan sebutan ubi kayu merupakan sumber karbohidrat yang kaya dan serbaguna.

Dengan satu bahan utama, bisa diolah menjadi beragam camilan. Masyarakat di provinsi ini terbiasa mengolah makananan yang berasal dari hasil bumi di sekitarnya.

Berikut ini, olahan makanan atau cemilan khas Sumbar berbahan dasar singkong dilansir dari berbagai sumber:

1. Karak Kaliang

Olahan makanan atau cemilan khas Sumbar ini mungkin sudah familiar oleh sebagian orang. Karak kaliang merupakan cemilan yang terbuat dari singkong sebagai bahan utama.

Cemilan ini memang identik dengan oleh-oleh khas dari Sumatera Barat. Biasanya pulang berlibur ke Sumbar, orang-orang akan membeli oleh-oleh ini.

Karak kaliang disebut juga dengan kue lapan-lapan, lantaran bentuknya yang mirip dengan angka delapan. Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi, sudah pasti enak dan gurih.

2. Paruik ayam

Cemilan yang kedua adalah paruik ayam. Olahan makanan ini memakai bahan utama singkong, parutan kelapa dan gula dan bahan lainnya.

Paruik ayam sendiri memiliki rasa yang gurih dan manis karena dilapisi dengan gula pasir. Untuk teksturnya, sedikit agak keras lantaran bahan utamanya dari singkong. Cemilan ini dapat anda temui di pasar, warung atau pedagang keliling.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Keripik Sanjai Balado

Berikutnya olahan makanan dari singkong yaitu, keripik sanjai balado. Keripik ini terbuat dari singkong pilihan serta disajikan secara tradisional.

Rasa keripik sanjai balado sangat renyah dan rasa pedas baladonya pun sangat menggoyang lidah, membuat ketagihan bagi siapapun yang menikmatinya. Anda dapat menemukan keripik sanjai balado di oulet oleh-oleh Sumbar.

4. Kacimuih

Kacimuih ini berbahan dasar ketela pohon dan parutan kelapa dengan tekstur lunak dengan taburan gula pasir maupun gula aren. Anda dapat menjumpai cemilan ini di pasar-pasar tradisonal Sumatera Barat.

5. Dakak-Dakak

Cemilan khas Sumbar yang terakhir yaitu dakak-dakak. Dakak-dakak memakai singkong sebagai bahan baku utama.

Cara pembuatannya yaitu, siingkong dipotong-potong menjadi ukuran kecil dan dibersihkan. kemudian dimarinasi dengan kunyit serta beberapa bumbu-bumbu tambahan lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.