Sukses

Aksi Heroik Polisi Tanbu Kalsel Selamatkan 2 Bocah Tenggelam di Pantai Angsana

Peran serta orang tua sangat penting sebagai pendamping dalam menikmati hiburan yang disajikan di tempat wisata, tentunya juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi.

Liputan6.com, Tanah Bumbu - Sejumlah tempat wisata di Banua, Kalimantan Selatan (Kalsel) seketika dipadati pengunjung pada libur usai lebaran Idulfitri 1445 Hijriah. Salah satunya pantai yang berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dan empat dengan waktu tempuh sekitar lima jam dari Kota Banjarmasin.

Menikmati suasana rekreasi bersama keluarga, tentu diperlukan pengawasan orang tua sehingga kesehatan dan keselamatan tetap terjaga. Peran serta orang tua sangat penting sebagai pendamping dalam menikmati hiburan yang disajikan di tempat wisata, tentunya juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi.

Begitupun yang terjadi di pantai Angsana Tanbu pada Jumat tanggal 12 April 2024 sekitar pukul 16.00 Wita, dua bocah tenggelam saat berenang. Dengan sigap, dua anggota Polsek Angsana langsung memberikan pertolongan dan penyelamatan.

Kapolres Tanbu AKBP Arief Prasetya, melalui Kasi Humas IPTU Jonser Sinaga menyatakan, kronologis kejadian bermula ketika anggota piket Pos Pantau Polsek Angsana menerima laporan dari pengunjung pantai lainnya tentang dua anak yang terseret arus ombak saat berenang.

"Dalam waktu singkat, anggota Pos Pantau, bersama dengan anggota Satuan Polisi Air dan Udara (PolAirud) Polres Tanbu serta Tim Relawan Pantai Angsana, bergerak cepat untuk menyelamatkan korban," ujar IPTU Jonser Sinaga.

 

Kapolsek Angsana, IPTU Muh. Ilham Haqqani Ajeng Appaware juga mengungkapkan, korban-korban yang berhasil diselamatkan adalah Nur Fadillah (10 tahun) dan Ridho Canaparo (8 tahun). Keduanya berasal dari Desa Sumber Baru, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu.

"Setelah berhasil menemukan kedua korban, mereka segera diberikan pertolongan pertama di tepi pantai sebelum dibawa ke Klinik MHC Desa Angsana untuk perawatan medis lebih lanjut, saat ini kondisi Nur Fadillah telah mulai membaik, sementara Ridho Canaparo akan dirujuk ke RS Husada Batu Licin Tanbu karena mengalami sesak di bagian dada," ungkap Kapolsek Angsana.

"Anggota yang terlibat dalam penyelamatan ini adalah BRIPDA Benny Setiawan, BRIPDA M Zaya Fiqria, AIPDA Halik K Y, BRIPTU M Ardy W, bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tim Relawan Pariwisata Pantai Angsana," lanjut IPTU Muh. Ilham Haqqani.

Keberhasilan penyelamatan ini menjadi bukti kerja sama yang solid antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menjaga keselamatan di pantai. Diharapkan kedua korban segera pulih dan kejadian serupa dapat diminimalisir di masa mendatang.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.