Sukses

Menteri PUPR Beberkan Perkembangan Terbaru Upaya Buka Satu Jalur Tol Bocimi

Upaya pemasangan sheet pile (tiang pancang) terus dilakukan pihak PUPR untuk upaya pembukaan satu jalur bagi pemudik. Akan diuji coba pada H+1 Idulfitri.

Liputan6.com, Sukabumi - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengabarkan perkembangan perbaikan temporer jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi dua Cigombong-Parungkuda, usai terjadi longsor.

Basuki menjelaskan, perbaikan Tol Bocimi pada KM 64+600 A ini terkendala cuaca hujan. Selain itu, memasuki libur mudik Idulfitri distribusi material kebutuhan bangunan juga tertunda. 

“Ini suplai material hari ini sudah berhenti, kita sudah libur nanti baru H+3 baru mereka bisa mensuplai lagi termasuk pemasangan sheet pile,” ujar Basuki saat meninjau lokasi longsor pada Selasa (9/4/2024).

Saat ini, sudah ada 45 sheet pile (tiang pancang) yang sudah terpasang di bagian bawah area longsor untuk menahan gerak atau tanah longsoran. Pihaknya memperkirakan penyelesaian pemasangan sheet pile itu pada pukul 00.00 WIB. Jika selesai, maka akan diuji coba pada Kamis (11/4/2024) mendatang.

“Yang di atas kita akan pasang 60 lagi jadi baru sekitar 37. Jam 12 malam mudah2an bisa selesai memasang sheet pile yang di jalan-jalan ini kemudian kita isi supaya bisa menahan badan jalan di jalur B,” jelasnya.

“Kalau semalam selesai, besok pagi kita akan bersihkan. Hari Kamis sudah bisa satu lajur difungsikan sebagai cadangan kalau ada kemacetan di jalan nasional baik ke arah Sukabumi maupun ke arah Bogor, pak polisi yang akan mengatur,” sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala Cuaca

Basuki menuturkan, perbaikan temporer Tol Bocimi ini terkendala cuaca hujan. Basuki memastikan perbaikan dilakukan secara aman. Hingga bisa dipastikan layak difungsikan pada H+1 Idulfitri untuk pemudik.

“Lebaran kan salat besok libur, nanti kamis kita fungsikan baru setelah itu kita mulai lagi pekerjaannya untuk menyelesaikan yang darurat ini. Nggak ada melebar, sudah berhenti makanya kita pasang sheet pile di bawah. Kalau melebar pasti kita gak akan berani kerja, alat berat di sana juga aman-aman,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pembukaan jalur fungsional itu akan melihat situasi di lapangan yang bekerja sama dengan pihak kepolisian. 

“Ada satu sheet pile yang nongol dari 45 itu supaya kita bisa lihat monitor gerakan longsor, masih aman. Satu lajur nanti biar diatur Pak Polisi mau ke arah Sukabumi atau bogor tergantung situasional traffic yang ada di lapangan,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini