Sukses

Sayonara, Manga Captain Tsubasa Tamat di Usia 43 Tahun

Rumah penerbitan Tokyo Shueisha Inc. mengumumkan akhir dari seri manga di Majalah Captain Tsubasa pada bulan Januari

Liputan6.com, Bandung - Anda tentunya tidak akan menyangkal kemampuan pesebakbola dari Jepang yang bernama Captain Tsubasa. Ya benar! Sosok kapten yang tak tergantikan dan memiliki segudang strategi di lapangan hijau untuk memenangkan pertandingan.

Memori manga Negeri Sakura ini sangat tertanam di otak Anda yang memiliki tumbuh kembang di tahun 1990-2000an. Sayangnya serial manga sepak bola Captain Tsubasa diumumkan berakhir pada hari Kamis, 4 April 2024 setelah berjalan selama 43 tahun.

Penciptanya, Yoichi Takahashi mengatakan dia akan pensiun sebagai seniman manga tetapi tetap melanjutkan kegiatan menggambarnya.

Episode pertama "Kapten Tsubasa" dicetak di Shukan Shonen Jump weekly pada tahun 1981.

Serial ini telah diadaptasi untuk anime dan game di lebih dari 50 negara dan wilayah dan telah memikat anak-anak termasuk beberapa yang menjadi pesepakbola profesional seperti bintang Spanyol Andres Iniesta. Di Jepang, komik seri ini terjual lebih dari 90 juta kopi.

Rumah penerbitan Tokyo Shueisha Inc. mengumumkan akhir dari seri manga di Majalah Captain Tsubasa pada bulan Januari.

Takahashi pada saat itu mengutip "penurunan kekuatan fisik dan perubahan lingkungan menggambar yang disebabkan oleh gelombang digitalisasi baru-baru ini" yang katanya memperlambat kecepatan dia menggambar manga.

Takahashi menyampaikan di situs web khusus bahwa dia masih akan memproduksi cerita tentang Tsubasa, keajaiban sepak bola yang merupakan karakter utama serial ini.

Namun karyanya akan beralih ke format storyboard kasar yang dia harapkan dapat diproduksi lebih cepat.

"Saya masih suka menggambar ilustrasi dan memikirkan cerita," katanya dalam sebuah postingan di platform media sosial X, pada Rabu lalu dilansir Kyodo, dicuplik dari laman Japanese Station, Sabtu, 6 April 2024.

Karena formatnya tidak memerlukan tinta dan penambahan tone warna, Ia menyebut akan dapat menyampaikan cerita-ceritanya di waktu yang akan datang dengan lebih cepat.

Cerita Captain Tsubasa akan berlanjut dalam format baru di situs web "Captain Tsubasa World " mulai musim panas ini, dengan rilis mingguan.

Cerita terakhir dalam format manga, "Captain Tsubasa Rising Sun," menggambarkan Tsubasa berpartisipasi dalam Olimpiade sebagai kapten tim sepak bola Jepang U-23.

Mengingat bahwa titik awalnya sebagai seniman manga adalah kembali ke sekolah dasar ketika dia mulai menggambar karya asli menggunakan pensil di selembar kertas kosong, Takahashi berkata bahwa saat ini ia akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukannya saat itu dalam menggambar sebuah serial manga dengan pensil.

Dia juga berharap memiliki lebih banyak kebebasan berekspresi karena dia tidak lagi menghadapi kebutuhan untuk memenuhi tenggat waktu atau persyaratan untuk jumlah halaman atau ukuran format.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ringkasan Cerita Captain Tsubasa

Dicuplik dari laman Skdesu, Captain Tsubasa adalah kisah yang penuh gairah dari seorang siswa sekolah dasar yang pikiran dan impiannya berputar hampir seluruhnya di sekitar cinta untuk sepakbola.

Tsubasa Oozora, 11, mulai bermain sepak bola di usia yang sangat muda, dan meskipun itu terutama merupakan olahraga rekreasi bagi teman -temannya, baginya, ini berubah menjadi sesuatu yang obsesi.

Untuk mengejar mimpinya dengan yang terbaik dari keterampilan sekolah dasarnya, Tsubasa bergerak bersama ibunya ke kota Nankatsu, yang dikenal karena tim sepak bola sekolah dasarnya yang luar biasa.

Tapi sementara dia dengan mudah yang terbaik di kota tuanya, Nankatsu memiliki lebih banyak kompetisi, dan dia akan membutuhkan semua keterampilan dan bakatnya untuk menonjol dari kerumunan baru ini.

Dia menemukan tidak hanya saingan, tetapi juga teman -teman baru seperti gadis cantik Sanae Nakazawa dan penjaga gawang yang berbakat, Genzo Wakabayashi, yang memiliki hasrat yang sama dengan Tsubasa, dan akan terbukti menjadi teman yang berharga untuk membantunya bergerak menuju mimpinya.

Mewakili Jepang di Piala Dunia FIFA adalah mimpi terakhir Tsubasa, tetapi akan membutuhkan lebih dari sekadar bakat untuk mencapainya.

 

3 dari 3 halaman

Fakta Captain Tsubasa

Pencipta Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi, adalah pemain sepak bola amatir dan menggunakan pengalamannya sendiri untuk menciptakan kisah anime.

Anime sangat populer di Jepang sehingga menyebabkan peningkatan jumlah anak yang mendaftar di klub sepak bola.

Captain Tsubasa adalah anime pertama yang menyajikan teknik sepak bola yang realistis dan terperinci, seperti tendangan sepeda dan memotong dribbling.

Karakter utama, Tsubasa Ozora, dinamai untuk menghormati pemain sepak bola Brasil yang legendaris, Pelé, yang nama aslinya adalah Edson Arantes do Nascimento.

Anime ini dipamerkan di lebih dari 40 negara dan sangat populer di Amerika Latin, di mana ia dikenal sebagai "Super Campeones".

Anime menginspirasi serangkaian video game, termasuk seri "Captain Tsubasa: Dream Team" yang populer.

Pada tahun 2018, anime baru Captain Tsubasa dirilis, yang menampilkan animasi 3D dan memperbarui cerita ke dunia sepak bola modern.

Nama anime "キャプテン翼" (kyaputen tsubasa) dapat diterjemahkan sebagai "kapten sayap" dalam bahasa Inggris.

Anime didasarkan pada manga dengan nama yang sama yang dibuat oleh Yoichi Takahashi. Kisah ini berkisar pada Tsubasa Oozora, sepak bola muda yang berbakat, yang bermimpi menjadi pemain profesional.

Dia menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan di sepanjang jalan, tetapi dengan tekad dan keterampilannya yang luar biasa, dia berupaya mencapai tujuannya menjadi pemain sepak bola terbaik di dunia.

Anime ini dikenal karena adegan sepak bola yang menarik dan karakter karismatik. Sayonara Captain Tsubasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.