Sukses

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Tangerang Merak Saat Mudik Lebaran 2024

Diprediksi bakal ada sekitar 3,5 juta kendaraan melintasi Tol Tangerang Merak selama arus mudik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Serang - Diprediksi bakal ada sekitar 3,5 juta kendaraan melintasi Tol Tangerang Merak selama arus mudik Lebaran 2024. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya, yang berjumlah sekitar 3,3 juta.

Kenaikan kendaraan yang melintasi tol Tangerang Merak diprediksi sekitar 3,6 persen. Pada arus mudik 2023, lalu lintas hariannya sekitar 153 ribu, maka lada arus mudik Lebaran 2024, bisa mencapai 159 ribu kendaraan per harinya.

"Dari rata-ratanya 153 ribu kendaraan per hari menjadi 159 ribu kendaraan per hari. Prediksi kita itu kenaikan 3,6 persen, secara total prediksi kita 3,5 juta kendaraan yang melewati tol Tangerang Merak," ujar Samsul Chair, Kepala Divisi Operasional dan Pemeliharaan Tol Tangerang Merak, ditulis Kamis, (28/03/2024).

Sejumlah gardu tol di Gerbang Tol (GT) Cikupa dan Pelabuhan Merak pun di tambah, untuk mempercepat proses transaksi kendaraan.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran di ruas Tol Tangerang Merak, operator tol menambah gardu satelit di GT Cikupa, sebanyak dua unit untuk keluar dan masuk.

"Puncak arus mudik di Tol Tangerang Merak diprediksi terjadi pada Rabu, 3 April 2024, sebesar 179.454 kendaraan melintas," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Fasilitas Layanan

Fasilitas di setiap rest area, baik ke arah Merak maupun Jakarta, juga turut dibenahi untuk kenyamanan pemudik. Kemudian penambahan gardu tandem di GT Merak dan GT Cilegon Timur, masing-maisng sebanyak tiga unit.

Khusus di kantor Astra Tol Tangerang Merak yang berada di GT Merak, tersedia fasilitas gratis bagi pemudik, untuk beristirahat sejenak sebelum sampai ke Pelabuhan Merak.

Disiapkan juga 30 unit mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang tol dan di operasikan oleh 216 orang untuk menjemput pengguna jalan saat bertransaksi di gerbang tol, atau terdapat penambahan 40 personel dari gerbang Tol Cikupa sampai Merak selama 24 Jam.

"Layanan kami tentunya toilet, kami menyiapkan 10 toilet disepanjang Gate Merak, kemudian fasilitas di gerbang tol sudah kita tingkatkan fasilitas ibadah dan kamar mandi nya," terangnya.

Astra Tol Tangerang Merak juga telah menyiapkan prosedur pelayanan bagi pemudik, jika kemacetan terjadi hingga kedalam ruas tol tersebut. Mereka akan bekerjasama dengan kepolisian dan institusi lainnya, agar pemudik tetap merasa nyaman saat menunggu masuk ke dalam dermaga.

"Kita bisa lebih cepat kita bertindaknya, bisa membantu pengguna jalan ketika ada hal-hal yang di pelabuhan menyebabkan antrian sampai ke jalan tol,"jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.