Sukses

Kemenkes Sebut Jabar Jadi Provinsi Prioritas Penanggulangan DBD

Dengan jumlah penduduk yang banyak paparan penyakit DBD di Provinsi Jawa Barat gampang tersebar luas.

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebutkan Jawa Barat menjadi salah satu provinsi prioritas penanggulangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI, Imran Pambudi, dengan jumlah penduduk yang banyak paparan penyakit DBD di Provinsi Jawa Barat gampang tersebar luas.

"Dan kita juga sudah mengalokasikan beberapa logistik yang penting seperti tadi Pak Pj Gubernur sampaikan ada NS1, ada larvasida, dan insektisida itu kita siapkan cukup banyak untuk di Jawa Barat. Karena memang penduduknya Jawa Barat paling banyak dan risikonya Jawa Barat termasuk yang tinggi karena penduduknya banyak, padat jadi harus kita mitigasi juga," ujar Imran di Bandung, Senin, 25 Maret 2024.

Imran mengatakan usaha lainnya untuk menghentikan bertambahnya kasus DBD yakni dengan menyebarkan nyamuk wolbachia.

Imran menerangkan saat ini baru lima daerah yang diujicobakan untuk mengembangkan ternak nyamuk wolbachia diantaranya Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang

"Untuk di Kota Bandung baru ada di satu kelurahan. Ini kemarin baru diskusi dengan Pj Wali Kota Bandung, kita lihat dulu yang satu kelurahan itu seperti apa? Kemudian kalau memang bagus kita kembangkan," kata Imran.

Imran mengaku dalam pengembangan ternak nyamuk wolbachia ini lebih mempersiapkan telur nyamuk. Lokasi pabrik telur nyamuk wolbachia ada Salatiga dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Rencananya kata Imran, Kemenkes RI akan menambah satu lokasi persediaan telur nyamuk di Provinsi Bali. Saat ini, lokasi persediaan telur nyamuk wolbachia dalam tahap persiapan.

"Karena dengan menambah kecamatan, itu kebutuhan telurnya akan menambah lagi seperti itu," jelas Imran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

105 Orang di Jabar Meninggal Dunia Akibat Terpapar DBD

Sebanyak 105 orang dinyatakan meninggal dunia di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat akibat terpapar penyakit demam berdarah dengue (DBD) dari total 11.729 kasus yang terakhir dicatat.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, daerah yang terdapat kasus meninggal dunia akibat DBD adalah Subang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bogor.

"Kami berusaha menekan peningkatannya yaitu dengan pertama akan lebih masif lagi gerakan untuk melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dan 3M Plus. Dan juga saya akan meminta seluruh kepala daerah wali kota dan bupati untuk lebih turun ke lapangan, untuk bersama-sama dengan masyarakat melakukan pembersihan sarang nyamuk," ujar Bey, Bandung, Senin, 25 Maret 2024.

Sebelumnya, Bey Machmudin menyebutkan status penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih dalam tahap siaga, meski telah mencapai 1000 kasus hingga saat ini.

Artinya kata Bey, dalam status siaga ini seluruh rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) ditingkatkan kesiagaannya dalam mengantisipasi lonjakan pasien DBD.

"Pertama harus lakukan 3M (menguras, menutup, dan mengubur) oleh masyarakat dan juga saya sudah perintahkan kepada seluruh RSUD, rumah sakit, Puskesmas untuk menyediakan obat demam berdarah, terutama infus," ujar Bey, Bandung, Jumat, 22 Maret 2024.

Bey juga mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui terdapat anak demam lebih dari sehari, agar segera dibawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya untuk diperiksa paparan penyakit DBD.

Meningginya jumlah kasus DBD di Jawa Barat, Bey mengaku belum memutuskan meniru langkah Pemerintah DKI Jakarta yang meminta anak-anak menggunakan minyak telon dan lengan panjang sebagai langkah pencegahannya. "Nanti saya koordinasikan terlebih dahulu ya dengan Kepala Dinas Kesehatan," kata Bey.

 

3 dari 3 halaman

Seluruh Rumah Sakit Siaga

Pada awal Maret 2024, Bey Machmudin sudah menginstruksikan seluruh rumah sakit untuk siaga mengantisipasi peningkatan jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Menurut Bey jumlah kasus DBD di Jabar terakhir mencapai 5.653 kasus. Dari jumlah tersebut, 41 diantaranya meninggal dunia.

"Sampai hari ini ada 5.653 kasus dengan 41 kasus meninggal dunia dan tentunya kita akan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan. Dan kami juga minta kepada seluruh rumah sakit untuk siap siaga ," ujar Bey dalam siaran medianya Bandung, Senin, 4 Maret 2024.

Untuk mengantisipasi peningkatannya kata Bey, Dinas Kesehatan Jabar dan Puskesmas akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar kasus bisa ditekan.

Selain itu, Bey mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tertular DBD dari nyamuk yang bersarang di tempat yang kotor.

"Untuk langkah preventifnya Dinkes dan Puskesmas saya minta terus lakukan edukasi ke masyarakat. Layanan kesehatannya juga agar bersiap siaga. Tentunya kita terus ingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan," ucap Bey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.