Sukses

Pengumuman IISMA 2024 Telah Dibagikan, Berikut Linknya

Pengumuman IISMA 2024 telah resmi dibagikan sejak Rabu (20/3/2024). Berikut link pengumumannya dan manfaat IISMA.

Liputan6.com, Bandung - Kabar bahagia bagi pendaftar Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Saat ini, pengumuman hasil seleksi IISMA 2024 telah resmi dirilis sejak Rabu (20/3/2024).

Informasi terkait pengumuman tersebut juga dibagikan melalui media sosial Instagram resmi IISMA. Diketahui para pendaftar bisa memeriksa pengumuman hasil seleksi tersebut melalui situs resminya yaitu iisma.kemdikbud.go.id.

Sebagai informasi, program IISMA merupakan beasiswa Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mendukung mahasiswa di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di universitas luar negeri.

Mahasiswa yang mendapatkan IISMA bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar, mengenal budaya asing, hingga praktik dalam mengasah keterampilan. Mendikbudristek Nadiem Makarim juga menyebutkan beasiswa ini memiliki peran penting untuk mahasiswa.

"Pertukaran akademis yang terbuka dan dinamis berperan penting dalam mempersiapkan siswa Indonesia dengan pola pikir, pengetahuan, dan keterampilan yang siap menghadapi masa depan yang mereka butuhkan untuk sukses," ujarnya.

Program IISMA menjadi program Kampus Emansipasi yang bisa mengembangkan apresiasi dan pemahaman lintas budaya mahasiswa. Terutama untuk mempersiapkan generasi baru warga global yang siap untuk berkontribusi pada masyarakat.

Banyaknya manfaat yang bisa diterima oleh pendaftar IISMA membuat banyak mahasiswa sangat tertarik untuk mengikuti program tersebut. Bahkan tahun ini pendaftaran IISMA merupakan yang tertinggi dari tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peminat yang Tinggi

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, program IISMA mendapatkan minat yang tinggi dari mahasiswa. Pada pelaksanaan tahun ini tercatat ada sekitar 12.268 mahasiswa yang mendaftar jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa mendaftar jalur vokasi.

Menurut Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja menuturkan pendaftaran IISMA mengalami peningkatan. Misalnya pada 2021 mencapai 2.551 dan tahun 2022 meningkat tiga kali lipat jadi 7.522 mahasiswa jalur sarjana dan 3.506 jalur vokasi.

Sementara pada tahun 2023 lalu pendaftaran bisa mencapai total 7.714 mahasiswa jalur sarjana dan 1.456 jalur vokasi. Kemudian di tahun ini mencapai rekor tertinggi karena mencapai angka 15.211 pendaftar.

"Peningkatan yang pesat ini menegaskan daya tarik dan relevansi program IISMA yang terus memberikan peluang pendidikan berkualitas untuk mahasiswa sarjana maupun vokasi," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Persyaratan IISMA

Bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan kesempatan mendaftar IISMA tahun ini bisa mencobanya untuk program tahun depan. Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum untuk program IISMA:

1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif jenjang S1 perguruan tinggi dalam negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ketika proses pendaftaran dan program berlangsung.

2. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di Indonesia dan tidak mempunyai status kewarganegaraan ganda.

3. Sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau 6 jenjang S1 ketika mendaftar.

4. Maksimal mempunyai usia 23 tahun pada bulan Juni di tiap tahun program berlangsung.

5. Peserta merupakan mahasiswa yang berstatus aktif dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 dari skala 4,0 dan harus dibuktikan dengan transkrip akademik terbaru.

6. Tidak pernah cuti semester selama kuliah.

7. Tidak ikut program Kampus Merdeka lain selama IISMA.

8. Tidak ambil mata kuliah atau mengikuti kuliah di kampus asal.

9. Tidak mengikuti lebih dari satu program Kampus Merdeka sebelum mendaftar IISMA.

10. Tidak menerima biaya hidup atau tunjangan dari Kemendikbudristek & LPDP dari program lain selama IISMA.

11. Bersedia mentaati semua peraturan dan mengikuti semua kegiatan di IISMA.

4 dari 4 halaman

Manfaat Beasiswa IISMA

Terdapat berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan bagi peserta yang berhasil mengikuti program IISMA. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang tentunya akan didapatkan oleh para peserta:

1. Kesempatan untuk melakukan eksplorasi kemampuan diri.

2. Membuka hingga menambah wawasan baru terkait dunia di luar.

3. Mendapatkan ilmu baru ketika belajar di bangku perkuliahan.

4. Meningkatkan pemahaman dan mengenal budaya dari negara lain.

5. Pengalaman yang sangat besar terutama menimba ilmu di negara lain.

6. Memperluas jaringan relasi hingga pertemanan karena bertemu dengan orang-orang baru, dosen, mahasiswa internasional dan lokal, serta masyarakat di negara tersebut.

7. Membuka jalan untuk mempersiapkan diri agar bisa berkarier dengan baik setelah lulus kuliah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini