Sukses

Khasiat Luar Biasa Daun Sirih yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk menggunakan daun sirih dengan bijak dan dalam jumlah yang sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Daun sirih atau piper betle merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Dilansir dari kemkes.go.id, daun sirih memiliki manfaat untuk obat herbal. Hal tersebut lantaran daun sirih mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Daun sirih mengandung sifat antimikroba, yang dapat membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut. Karena itulah, sejak dulu daun sirih sudah dimanfaatkan untuk menjaga gigi.

Orang dahulu menggunakan sirih untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah dengan cara mengunyahnya.

2. Mencegah kadar gula dalam darah meningkat

Daun sirih dapat direbus untuk membantu mencegah diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Tidak hanya itu, minyak daun sirih juga dapat dipakai oleh penderita diabetes.

Diketahui, penyakit diabetes di Indonesia sangat umum terjadi. Untuk itu, daun sirih mampu menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menyembuhkan luka

Di dalam daun sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa tersebut berperan penting dalam penyembuhan luka.

Daun sirih merah juga mengandung tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Air rebusan daun sirih mampu meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

5. Mencegah penyakit kanker

Senyawa fenolik yang terkandung di dalam daun sirih dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti-bakteri, anti-mutagenik, antioksidan, dan anti-proliferatif.

Selain itu, daun sirih dapat melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor tersebut penting dalam mencegah kanker.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.