Sukses

Sajian Sahur Sederhana dan Sehat untuk Anak Kos

Dengan memilih menu sahur yang sederhana dan sehat, dapat memastikan tubuh tetap tercukupi nutrisinya selama bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para mahasiswa atau pekerja yang tinggal sendiri atau anak kos, menjaga pola makan sehat saat bulan puasa merupakan tantangan tersendiri.

Sahur menjadi waktu penting untuk menyiapkan tubuh agar tetap bertenaga sepanjang hari. Namun, dengan keterbatasan waktu, tenaga, dan peralatan memasak, menciptakan menu sahur yang sehat dan bergizi bisa menjadi hal yang sulit.

Berikut adalah beberapa ide menu sahur sederhana dan sehat yang cocok untuk anak kos:

1. Sup telur

Telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Sup telur menjadi salah satu pilihan menu sahur untuk anak kos.

Selain sederhana, sup telur juga memiliki rasa yang enak. Selain itu, kuning telur juga mengandung seng dan selenium, yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukan tomat dan tumis hingga matang, lalu tuang air secukupnya.

Kocok telur dan masukkan ke kuah yang mendidih, biarkan satu menit sambil diaduk. Setelah itu masukan garam, lada bubuk, dan kaldu secukupnya. Hidangan sup telur pun dapat disantap.

2. Tumis Tauge Tahu

Tumis taoge tahu bisa menjadi salah satu menu sederhana dan sehat untuk anak kos selanjutnya. Selain harga bahannya yang murah, menu ini juga sehat dan sederhana.

Caranya, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Setelah itu, masukkan tahu dan tauge ke dalamnya.

Tambahkan garam dan penyedap, koreksi rasa kemudian tambahkan seledri. Aduk sebentar, lalu menu sahur sederhana dan enak untuk anak kos siap disantap.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Oseng tahu tempe

Menu sahur yang sederhana dan enak untuk anak kos adalah oseng tahu tempe. Membuat menu ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang, apalagi buat anak kos yang kesusahan dana pada akhir bulan.

Cara membuatnya, goreng tahu dan tempe yang sudah dipotong sesuai selera. Setelah matang, sisihkan ke wadah yang bersih.

Kemudian, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai hijau hingga harum. Setelah itu, tambahkan penyedap rasa secukupnya.

Kemudian, masukkan tahu dan tempe yang sudah digoreng tadi, beri saus tiram, dan aduk hingga merata. Oseng tahu tempe siap disajikan.

4. Telur Rebus atau Telur Dadar

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan cepat dimasak. Anda bisa memasak telur rebus atau telur dadar sebagai menu sahur yang cepat dan mudah.

Sajikan dengan irisan tomat, mentimun, dan potongan roti gandum untuk menu sahur yang lebih seimbang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini