Sukses

Banjir Melanda 9 Kabupaten dan Kota di Sumbar

Hingga Jumat (8/4/2024) pagi banjir di sejumlah daerah tersebut masih belum surut.

Liputan6.com, Padang - Bencana alam berupa banjir dan longsor melanda 9 kabupaten dan kota di Sumatera Barat sejak Kamis (7/3/2024) sore. Hingga Jumat (8/3/2024) banjir di sejumlah daerah tersebut masih belum surut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Fajar Sukma menyampaikan 9 daerah tersebut yakni Kota Padang, Kabupaten pasaman Barat, Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Agam, Kota solok dan Kota Pariaman.

"Hingga Jumat pagi intensitas hujan masih tinggi, proses evakuasi warga masih berlangsung," katanya, Jumat (8/3/2024).

Ia merinci di Kota Padang terdapat 6 kecamatan terdampak banjir, di Kecamatan Padang Timur air sempat mencapai kurang lebih dari satu meter.

"Selain banjir juga terdapat pohon tumbang dan longsor di beberapa titik," ujarnya.

Kemudian Kabupaten Pasaman Barat terdapat satu rumah yang terbawa arus akibat terjangan banjir. Lalu di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat ratusan rumah warga terendam banjir di 4 kecamatan.

"Akses jalan padang-painan tidak bisa dilewati karena tinggnya banjir," jelas Fajar.

Selanjutnya di Kabupaten Lima Puluh Kota juga terjadi banjir bandang, terdapat rumah warga yang rusak berat, dan lahan pertanian warga rusak.

Di Kabupaten Padang Pariaman terdapat 15 kecamatan yang terdampak banjir dan juga beberapa terjadi longsor dan tumbang pohon.

Pihaknya masih melakukan pendataan jumlah korban terdampak, namun saat ini tim gabungan masih mengutamakan evakuasi warga yang butuh pertolongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.