Sukses

Simak, Solusi Praktis Jalankan Loyalty Programs Bagi Pebisnis

Beberapa bisnis mungkin kesulitan menentukan sejauh mana program loyalitas berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam strategi bisnis modern, loyalty programs atau program loyalitas telah menjadi elemen krusial. Pentingnya program ini tidak hanya sebatas pada upaya mempertahankan pelanggan, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada pelaku bisnis dan para konsumennya.

Bagi pelaku bisnis, program loyalitas menjadi alat efektif dalam meningkatkan retensi pelanggan. Dengan memberikan insentif, diskon, atau reward khusus kepada pelanggan setia, bisnis dapat menciptakan hubungan yang lebih erat, mengurangi tingkat churn, dan meningkatkan pendapatan jangka panjang.

Sedangkan bagi pelanggan, mereka tidak hanya mendapatkan keuntungan finansial dalam bentuk diskon atau hadiah, tetapi juga merasakan pengakuan atas kesetiaan mereka terhadap merek atau bisnis tertentu. Ini menciptakan pengalaman positif, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat hubungan antara pelanggan dan bisnis.

Meski begitu, pelaku bisnis sering menghadapi sejumlah kendala dalam menjalankan loyalty programs. Salah satu kendala utama adalah kesulitan dalam mengukur Return on Investment (ROI) dari program tersebut.

Beberapa bisnis mungkin kesulitan menentukan sejauh mana program loyalitas berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan. Selain itu, pemberian reward yang kurang relevan atau tidak menarik juga dapat menyebabkan kegagalan program. Kesulitan teknis, seperti integrasi dengan sistem yang sudah ada, juga dapat menjadi hambatan.

Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut, penting bagi pelaku bisnis untuk merancang dan mengelola loyalty programs dengan cermat.

Dengan Pengukuran kinerja yang tepat, pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pelanggan, dan fleksibilitas dalam memberikan reward dapat menjadi kunci kesuksesan loyalty programs yang berdampak positif bagi bisnis dan pelanggan.

Memahami kesulitan yang dihadapi oleh pelaku bisnis tersebut, Voucherku yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri reward dan layanan produk digital, menghadirkan layanan terbarunya yaitu Memberku.

Memberku merupakan web-based platform untuk memberikan kepraktisan dalam proses pembuatan layanan loyalty programs yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan karakter brand.

"Kami menyadari kebutuhan loyalty programs yang semakin berkembang untuk meningkatkan retensi pelanggan, Memberku hadir untuk menjadi solusi yang mudah dan terjangkau untuk platform loyalty programs semua kalangan,” ungkap Martha selaku Business Development Memberku & Voucherku.

Melalui Memberku, pemilik usaha akan mendapatkan aplikasi web eksklusif tanpa coding yang semuanya dapat dijalankan melalui website Memberku tanpa harus mendownload aplikasi tambahan.

Pemilik usaha akan mendapatkan website custom dengan brand & logo sendiri, pengumpulan poin hingga penukaran hadiah juga dapat dipersonalisasi via website dashboard Memberku.

Sedangkan untuk pelanggan dapat mengakses via microsite yang sudah di-customize sesuai keinginan pemilik usaha.

Martha juga mengatakan bahwa Memberku siap membantu para pemilik usaha, “Memberku siap memberikan solusi platform loyalty programs kepada pemilik usaha UMKM, brand local, F&B dan berbagai lini usaha lainnya,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini