Sukses

Diresmikan Menkes, Virtue Group Siap Operasikan Pabrik IVD Terbesar di Indonesia

Pabrik IVD milik PT Virtue Diagnostics Indonesia ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk domestik dan global berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta Virtue Group meresmikan pabrik IVD (In Vitro Diagnostic) di Cikarang, Jawa Barat pada Selasa, 5 Maret 2024. Di atas lahan seluas 12.200 meter persegi dengan luas bangunan 8.900 meter persegi, pembangunan pabrik ini merupakan strategi global untuk memperkuat basis produksi dan distribusi produk-produk Virtue guna memasuki pasar IVD di negara-negara Asia Tenggara.

Pabrik IVD milik PT Virtue Diagnostics Indonesia ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk domestik dan global akan produk-produk IVD berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. "Saya dengan senang hati mengumumkan pendirian resmi Virtue Diagnostics di Indonesia, Virtue dapat memenuhi kebutuhan domestik dan global akan produk-produk IVD berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau," kata CEO Virtue Diagnostics Johnson Zhang di Cikarang pada Selasa, 5 Maret 2024.

Berkantor pusat di Singapura, Virtue memiliki R&D centre dan manufacturing site di Cina, Brazil, dan Indonesia. Saat ini Virtue Diagnostics Indonesia memiliki lebih dari 60 tenaga ahli yang berpengalaman, untuk mendukung riset dan pengembangan serta produksi produk-produk IVD.

Virtue Diagnostics telah memiliki fasilitas manufaktur yang mampu memproduksi >1000-unit instrument pertahun dan >6000 Liter reagen per hari. Kapasitas produksi tersebut dapat ditingkatkan sesuai dengan peningkatan kebutuhan. Diharapkan dalam waktu 1-2 tahun ke depan kapasitas produksi dapat terus ditingkatkan sehingga mampu memenuhi kebutuhan reagen Immunologi, Hematologi, Kimia Klinik secara nasional maupun regional.    

Produk unggulan dari Virtue Diagnostics Indonesia adalah produk instrument dan reagen imunologi dengan teknologi chemiluminescence (ChLIA) yang saat ini menjadi satu-satunya produk chemiluminescence (ChLIA) yang diproduksi di Indonesia. Produk-produk Virtue yang diproduksi di Indonesia juga telah melalui uji klinis bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta (RSA UGM).

Terdapat 4 grup produk yang tahun ini telah ataupun akan diluncurkan di pasar domestik, yaitu produk Immunologi, Hematologi, Kimia Klinik, dan Molekuler dengan menggunakan merk VERCENTRA untuk Instrument dan VIRTUEDX untuk reagen.   

Virtue Diagnostics Indonesia telah mendapatkan Sertifikat Standard Industri Alat Kesehatan dan Sertifikat Cara Pembuatan Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB) di bulan Desember 2023. "Kami bertekad untuk terus mendukung pemerintah untuk meningkatkan kompetensi manufaktur yang menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi sehingga Virtue Diagnostics Indonesia bisa menjadi manufacturing partner untuk melayani kebutuhan domestik dan regional Asia Tenggara," kata Johnson.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.