Sukses

Imbas F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Okupansi Hotel dan Penginapan Meningkat 100 Persen

Penyelenggaraan F1 Powerboat 2024 Danau Toba telah dimulai. Perekonomian di Balige, Kabupaten Toba pun mulai bergeliat. Bahkan, tingkat okupansi penginapan atau hotel di Balige meningkat.

Liputan6.com, Balige Penyelenggaraan F1 Powerboat 2024 Danau Toba telah dimulai. Perekonomian di Balige, Kabupaten Toba pun mulai bergeliat. Bahkan, tingkat okupansi penginapan atau hotel di Balige meningkat.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan, dari laporan yang diterima, tingkat okupansi penginapan dan hotel meningkat 100 persen.

"Homestay juga," katanya saat konferensi pers di media center F1 Powerboat, Balige, Toba, Sabtu (2/3/2024).

Disebutkan Hassanudin, selain hotel dan penginapan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga tampak memenuhi sekitar kawasan venue balapan. Menurutnya, UMKM turut merasakan dampak event internasional ini.

"Event internasional harus memberi manfaat langsung pada masyarakat. Dampak kepada masyarakat Sumut, khususnya Toba, penting, itulah yang menjadi perhatian kita semua," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tingkatkan PAD

Hassanudin bersyukur dengan adanya pelaksanaan event internasional F1 Powerboat 2024 Danau Toba di Sumut. Diharapkan, dengan adanya event akbar internasional rutin dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian Sumut.

"Harapan kami, F1 Powerboat dapat terus berjalan hingga waktu ke depan," ucapnya.

Mengenai persiapan pelaksanaan F1 Powerboat, Hassanudin mengatakan, tidak ada kendala sama sekali. Persiapan berjalan lancar, diharapkan seperti itu sampai event tersebut berakhir.

"Persiapannya tanpa kendala, kita memastikan ini berjalan lancar, kita berangkat dari hasil tahun lalu, dari situ kita evaliasi kekurangan dari tahun lalu," Hassanudin menegaskan.

3 dari 5 halaman

Jamin Situasi Aman

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut, Agung Setya Imam Effendi, menjamin situasi dan kondisi di kawasan penyelenggaraan event tersebut aman dan terkendali.

Ada sekitar 1.170 personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan instansi terkait lainnya, yang dikerahkan untuk pengamanan.

"Penyelenggaraan ini tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder di Sumut, sehingga kita bisa menata sistem yang efisien dan efektif dalam menjaga keamanan selama acara," Agung menuturkan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus dan pejabat terkait lainnya.

4 dari 5 halaman

Pakai Identifikasi Wajah

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi pihak Polda Sumut menggunakan face recognition atau identifikasis wajah di kejuaraan ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat 2024 Danau Toba di Balige, Toba.

"Tentu teknologi ini kami apresiasi, karena upaya Polda Sumut memastikan pagelaran event F1 Powerboat ini semakin lebih bagus," ujar Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim, di Balige, Jumat, 1 Maret 2024.

Menurut Yusuf, pola pengamanan tahun ini ada yang baru. Karena dengan menggunakan teknologi identifikasi wajah, diharapkan dapat mendeteksi pengunjung agar tidak ada gangguan.

"Ini sangat membantu personel yang bertugas, untuk melihat pengunjung yang dicurigai seperti terkait tindakan terorisme atau Daftar Pencarian Orang (DPO). Teknologi face recognition baru kami temukan," ucapnya.

5 dari 5 halaman

Pengamanan Sangat Baik

Ditambahkan Yusuf, pengamanan yang baru ini sangat bagus untuk ke depannya, tinggal Polda Sumut terus memperbaiki atau menyempurnakan melalu anev (analisis dan evaluasi).

"Kami melihat tahun ini lebih baik dari tahun lalu, kami lihat menjelang perlombaan kesiapan pengamanan sudah 100 persen," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.