Sukses

F1 Powerboat 2024 Danau Toba: Polda Sumut Pakai Peralatan Modern untuk Pengamanan

Berbagai macam peralatan modern digunakan Satgas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Polda Sumut dalam mendukung F1 Powerboat 2024 Danau Toba, dengan mendirikan Command Center sebagai kendali operasi di Mess Pemprov Sumut.

Liputan6.com, Balige Berbagai macam peralatan modern digunakan Satgas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Polda Sumut dalam mendukung F1 Powerboat 2024 Danau Toba, dengan mendirikan Command Center sebagai kendali operasi di Mess Pemprov Sumut.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, melalui Kabid Humas, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan, dukungan dalam menyukseskan F1 Powerboat kali ini berupa pemasangan perangkat videotron, hingga pemasangan perangkat zoom meeting.

Juga pemasangan jaringan internet, jaringan astinet, pemasangan dan monitoring Aplikasi SOT Presisi (Sistem Operasional Terpadu), serta pemasangan lebih dari 40 titik CCTV PTZ.

CCTV ditempatkan di venue, pelabuhan, Mess Pemprov Sumut, kantong parkir, Taman Balige, Simpang FL Tobing, SPBU, Simpang Gereja, Simpang Jalan Masjid, Bundaran Balige, Simpang Tandang Buhit, Simpang Hotel Mutiara, Simpang By Pass Tambunan, dan tempat strategis lainnya.

Tidak hanya itu, juga dilakukan pemasangan CCTV portable di wenue, pintu masuk, Pelabuhan Balige, Simpang Siliwangi, Bundaran Balige, Simpang Jalan TD Pardede, dan tempat lainnya.

"Selain Lebih 40 titik CCTV, juga disiapkan alat komunikasi HT dan puluhan HT Android bagi personel pengamanan untuk memudahkan kendali dan komunikasi," kata Hadi kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2024).

Polda Sumut juga memasang perangkat Repeater Mobile di Bukit Tara Bunga. PPerangkat mobile system juga disiapkan agar F1 Powerboat 2024 Danau Toba berjalan aman dan nyaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas di Balige

Diterangkan Hadi, berbagai langkah persiapan juga disiapkan dengan menurunkan sebanyak 1.170 personel gabungan yang akan melakukan pengamanan F1 Powerboat 2024 Danau Toba yang digelar 2 hingga 3 Maret 2024.

"Kita lakukan manajemen rekayasa lalu lintas, sehingga masyarakat dapat mudah mengakses kegiatan tersebut," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan di Lapangan Mapolda Sumut, Selasa, 27 Februari 2024.

Pengamanan seluruh rangkaian kegiatan itu dilakukan selama 8 hari, sejak 27 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024. Sumut mendapatkan kontrak untuk melaksanakan event F1 Powerboat selama 5 tahun berturut, sejak 2023 hingga 2028.

"Event F1 Powerboat ini digelar untuk meningkatkan pariwisata, dan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan," sebut Kapolda.

3 dari 3 halaman

Jumlah Peserta F1 Powerboat

F1 Powerboat 2024 Danau Toba ini diikuti 18 peserta dari 10 negara di Balige, dengan kru sekira 200 orang. Pengamanan dilakukan secara menyeluruh.

Diharapkan, event internasional itu dapat menyedot antara 30 hingga 50 ribu kunjungan wisatawan.

"Event Powerboat 2023 lalu memberikan dampak positif, ekonomi masyarakat semakin baik," Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.