Sukses

Kapal Kargo Terbakar di Perairan Batu Ampar Batam

Kebakaran kapal kargo ini diduga karena hubungan pendek arus listrik.

Liputan6.com, Batam - Kapal kargo bermuatan kontainer terbakar di Perairan Batu Ampar, Batam, Rabu (21/2/2024). Api membakar buritan kapal sehingga asap hitam tebal mengepul ke langit. 

Berdasarkan video amatir yang beredar dari Basarnas, terlihat di bagian belakang buritan kapal terbakar mengeluarkan asap hitam. Sedangkan di bagian depan yakni haluan kapal para awak kapal melambaikan tangan meminta pertolongan. 

Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi membenarkan kejadian itu. la memastikan bahwa tim SAR sudah menuju ke lokasi. 

Ditambahkan bahwa kebakaran KM Alexindo 8 terjadi di perairan Batu Ampar, Batam.

"Penyebab kapal terbakar diduga berasal dari konlseting listrik di bagian dapur kapal," kata Slamet.

Kapal tersebut merupakan kapal kargo berbendera Indonesia yang akan berlabuh dari Batu Ampar menuju Pelabuhan Sunda Kelapa (Tanjung Priok) dan terbakar saat sedang lego jangkar.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh koki kapal. Ia langsung berteriak kebakaran sehingga mengundang seluruh awak kap sambil membawa tabung pemadam kebakaran.

"Tapi api cepat membesar dan awak kapal tidak bisa mengatasi kebakaran tersebut. Kepala kamar mesin atau KKM langsung mematikan mesin genset dan menutup pintu kamar mesin sehingga para awak kapal bisa keluar," kata Slamet.

Akibat kebakaran tersebut, para ABK Kapal KM Alexindo 8 dievakuasi menuju ke Kapal Patroli Parikesit 7009.

"Seluruh awak kapal, 14 orang selamat. Namun ada satu korban mengalami luka bakar ringan," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.