Sukses

TPS Unik di Bandar Lampung, Usung Tema Hari Valentine Tarik Minat Pemilih Pemula

Dekorasi TPS di Bandar Lampung tersebut dibuat semenarik mungkin. Tenda yang didominasi dengan warna putih dan merah muda serta beberapa hiasan bunga juga dipasang untuk menambah suasana romantis.

Liputan6.com, Lampung - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024. Banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) di berbagai daerah berlomba-lomba untuk menarik minat masyarakat menyalurkan suaranya. 

Seperti di TPS 15 di Jalan Selat Malaka 3, Kelurahan Panjang Selatan, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung yang menerapkan konsep Hari Valentine atau hari kasih sayang. 

Dekorasi TPS tersebut dibuat semenarik mungkin. Tenda yang didominasi dengan warna putih dan merah muda serta beberapa hiasan bunga juga dipasang untuk menambah suasana romantis. 

Saat dikonfirmasi, Ketua KPPS TPS 15, Arnol Amallo mengatakan bahwa pihaknya mengusung konsep valentine untuk menarik perhatian warga setempat dan pemilih pemula. 

"Konsepnya menyesuaikan dengan peringatan hari kasih sayang atau Valentine yakni dengan nuansa warna pink di Pemilu 2024," kata Arnol Amallo, Rabu (14/2/2024).

Dia menjelaskan, pihaknya akan memberikan lima bunga mawar warna merah muda untuk lima orang pertama yang datang ke TPS. Hal itu untuk menarik perhatian warga setempat agar semangat datang ke TPS. 

"Peserta di TPS kita ada sekitar 232. Nanti lima orang pertama yang datang nyoblos kita berikan bunga mawar," jelas dia. 

Dia berharap dengan konsep valentine tersebut akan membuat pemilih pemula tertarik sehingga tingkat partisipasi pemilih juga meningkat pada pemilu tahun ini.

"Tentu tujuan dasarnya agar partisipasi pemilih meningkat, terutama yang pemilih pemula. Kan merayakan Valentine bisa dengan memberikan suara sebagai bentuk sayang ke negara Indonesia," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.