Sukses

6 Rekomendasi Wisata Museum di Bandung, Jadi Sarana Edukatif yang Menghibur

Berwisata ke musem bisa menjadi destinasi yang menarik untuk berlibur bersama keluarga, anak, atau pasangan. Di Bandung sendiri terdapat sejumlah museum menarik yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Liburan sering kali identik dengan destinasi wisata alam atau tempat rekreasi yang penuh permainan. Namun saat ini berwisata ke museum menjadi destinasi yang banyak digemari oleh orang-orang baik sebagai wisata keluarga atau bersama pasangan. 

Wisata ke museum tentunya menjadi destinasi yang penuh edukasi dan menarik karena biasanya museum menjadi tempat menyimpan artefak, karya seni indah, dan lain-lain. Wisata ke museum membuka jalan untuk melihat sejarah, budaya, hingga pengetahuan baru.

Ketika berwisata ke museum pengunjung akan memahami tentang sejarah hingga budaya setempat. Beberapa museum juga menampilkan koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang mempunyai kisah di baliknya.

Mengenal sejarah tentang kehidupan di masa lalu atau mengenal tradisi budaya menjadi pengalaman yang seru untuk diketahui. Selain menambah pengetahuan kita juga menjadi paham bagaimana sesuatu bisa berkembang dari waktu ke waktunya.

Selain itu museum yang mempunyai konsep seni bisa menjadi tempat paling seru bagi para pecinta seni. Karya seni yang beragam dengan latar belakang di dalamnya bisa membuka wawasan kita terhadap seni itu sendiri.

Pengunjung juga bisa memahami bagaimana proses terbentuknya seni tersebut dan mencari tahu makna atau pesan apa yang ada dalam karya para seniman. Maka dari itu berlibur ke museum bisa menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Terutama untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang pengetahuan baru yang akan membuka pandangannya terhadap dunia. Sementara itu di Bandung ada beberapa museum menarik yang bisa dikunjungi.

Mulai dari museum bersejarah, museum yang berisi artefak penting, hingga museum seni yang indah. Berikut ini adalah rangkuman enam museum menarik yang bisa jadi pilihan wisata bersama keluarga, anak, atau pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Wisata Museum di Bandung

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Seperti namanya Museum Konferensi Asia Afrika merupakan gedung bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Tempat ini berlokasi di tengah kota yaitu di Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Museum Konferensi Asia Afrika buka pada hari tertentu yaitu di hari Selasa, Kamis,Sabtu, dan Minggu. Jam bukanya sendiri pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dan dilanjut pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Pengunjung yang ingin masuk ke Museum Konferensi Asia Afrika tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Wisatawan hanya tinggal berkunjung ke lokasi dan untuk wisatawan rombongan lebih dari 20 orang harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

2. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space merupakan galeri seni yang berdiri sejak 1998 untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia. Lokasinya berada di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini dibangun oleh Sunaryo seorang seniman kontemporer mantan dosen seni rupa ITB. Galeri ini menampilkan karya Sunaryo serta memfasilitasi karya seniman lain terutama seni kontemporer.

Selasar Sunaryo buka pada hari Selasa hingga Minggu pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Pada tahun 2023 harga tiket masuk ke Selasar Sunaryo Art Space masih terjangkau sekitar Rp35.000.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Museum di Bandung

3. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan museum yang berdiri pada 16 Mei 1929 dan menjadi museum yang menampilkan benda bersejarah mulai dari benda geologi seperti fosil, batu, abu gunung berapi, dan masih banyak lagi.

Gedung dari Museum Geologi Bandung juga mempunyai tampilan sangat menawan dan memiliki sejumlah fasilitas menarik. Bahkan terdapat artefak-artefak menakjubkan yang bisa menambah wawasan bagi anak-anak.

Museum Geologi Bandung buka pada hari Senin - Kamis pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dan pada hari Sabtu - Minggu pada pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dan pada hari Jumat serta libur nasional musem ini tutup.

Harga tiketnya pun terjangkau untuk pelajar sekitar Rp2.000, untuk umum sekitar Rp3.000, dan untuk wisatawan asing sekitar Rp10.000.

4. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate merupakan museum yang mempunyai desain modern dan interaktif dengan tema “Smart Museum”. Museum ini juga memiliki fasilitas canggih seperti 4D Proyeksi, Augmented Reality, hingga Virtual Reality.

Lokasi dari museum ini tentunya ada di Gedung Sate, Jl. Surapati, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Melansir dari Instagramnya museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu pada pukul 09.30 hingga 16.00 WIB.

Pengunjung bisa memasuki Museum Gedung Sate dengan biaya tiket masuk sekitar Rp5.000 saja.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Museum di Bandung

5. NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park merupakan sebuah museum galeri seni patung yang menampilkan karya seni indah dan berbagai macam spot foto yang aesthetic. Galeri seni ini milik seniman I Nyoman Nuarta.

Ia dikenal sebagai pembuat patung Garuda Wisnu Kencana, Monumen Jalesveva Jayamahe, dan Monumen Proklamasi Indonesia. Museum ini berlokasi di Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat.

Melansir dari Instagramnya tempat ini buka pada hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar Rp50.000 per orang dan untuk anak di bawah 2 tahun gratis.

6. Amazing Art World

Amazing Art World merupakan museum yang mempunyai suasana indoor dan outdoor yang menarik. Pasalnya tempat ini menjadi tempat wisata yang menampilkan seni indah sekaligus rekreasi yang seru.

Museum ini mempunyai lebih dari 500 karya seni yang dibuat oleh 20 seniman terkenal asal Korea. Selain itu terdapat seni 3D yang menarik dan bisa menjadi spot foto bersama keluarga, anak, atau pasangan.

Lokasi Museum ini ada di Jl. Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Melansir dari situs bandung.go.id pada hari biasa dan akhir pekan tiket dijual sekitar Rp35.000 dan pada libur nasional dijual sekitar Rp50.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.