Sukses

Amankan Tahap Pemungutan Suara Pemilu 2024, Polda Sulut Terjunkan 7.557 Personel

“Total ada sebanyak 1.945 personel Polda Sulut yang akan bergabung dengan Polres/Polresta jajaran. Jadi total keseluruhan personel yang akan melaksanakan pengamanan di Sulut sebanyak 7.557 personel untuk 8.240 TPS,” ujarnya.

Liputan6.com, Manado - Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan memimpin apel pergeseran pasukan Polda Sulut BKO Polres/Polresta jajaran, dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Apel yang dilaksanakan di halaman depan Markas Polda Sulut, Jumat (9/2/2024) pagi, dihadiri oleh Wakapolda Sulut Irjen Pol Jan de Fretes, para PJU, para Pamen, para Kabag Ops Polres jajaran dan seluruh anggota Polri yang terlibat dalam pengamanan TPS.

“Ini merupakan salah satu tugas pokok Polri sesuai UU Nomor 2 tahun 2002, di mana salah satunya adalah tugas melaksanakan pengamanan Pemilu, yang dilaksanakan setiap 5 tahun. Mudah-mudahan seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan optimal,” kata Kapolda Irjen Pol Yudhiawan.

Dalam pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 nanti, Polda Sulut akan menggeser sebanyak 1.945 personel ke jajaran Polres/Polresta.

“Total ada sebanyak 1.945 personel Polda Sulut yang akan bergabung dengan Polres/Polresta jajaran. Jadi total keseluruhan personel yang akan melaksanakan pengamanan di Sulut sebanyak 7.557 personel untuk 8.240 TPS,” ujarnya.

Personel yang digeser kemudian dijemput oleh masing-masing Kabag Ops Polres/Polresta jajaran, yang nantinya akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lokasi penugasan.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Jangan Golput

Kapolda Sulut mengingatkan kepada seluruh personel agar tetap memegang teguh aturan yang sudah digariskan dalam UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri dan Perpol Nomor 7 tahun 2022 tentang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Jaga keamanan dan ketertiban, laksanakan tugas sesuai aturan, lakukan koordinasi dengan instansi terkait, berikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Tunjukkan Polri yang profesional dan humanis, jangan lakukan tindakan arogan dan kontra produktif serta jaga netralitas Polri dalam Pemilu 2024,” pesan Kapolda.

Yudhiawan juga mengajak kepada seluruh warga pemilih di Sulut agar menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“Silakan datang ke TPS, kami Polri menjamin keamanan. Pilih sesuai dengan pilihannya, jangan golput karena suara anda menentukan masa depan bangsa,” ajak dia.

Dalam apel pergeseran pasukan tersebut, juga diserahkan peralatan dan perbekalan kepada personel yang akan melaksanakan tugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.