Sukses

Polda Sumut Geser 12.908 Personel ke TPS untuk Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan menjelang proses pemungutan suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di sejumlah wilayah di Sumut.

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan menjelang proses pemungutan suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di sejumlah wilayah di Sumut.

Apel pergeseran pasukan itu dipimpin Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, di Lapangan Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Minggu (11/2/2024).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana.

Turut hadir juga para pejabat utama Polda Sumut. Kapolda Agung mengatakan, dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024, Polda Sumut memberangkatkan 12.908 personel.

"Tujuannya untuk mengamankan tahapan pemungutan suara di TPS kabupaten dan kota," kata Agung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TPS di Sumut

Diungkapkan Kapolda, Provinsi Sumut memiliki 45.875 TPS. Maka dari itu Polda Sumut dalam melaksanakan pengamanan didukung Kodam I Bukit Barisan, Satpol PP, dan seluruh stakeholder pendukung lainnya.

"Pergeseran pasukan ini sebagai komitmen Polda Sumut siap melaksanakan pengamanan pemungutan suara di Sumut," ungkapnya.

"Pergeseran pasukan ini akan berantai dari Polda ke Polres, Polres ke Polsek, Polsek kemudian ke kelurahan, lalu ke TPS-TPS," ujar mantan Asops Kapolri tersebut.

Untuk pergeseran logistik Pemilu 2024, Kapolda mengaku terus memantau dan sudah sampai di kabupaten, dan sudah digeser dari kabupaten ke kecamatan hingga kelurahan serta desa.

3 dari 3 halaman

TPS Rawan

Disebutkan Agung, Polda Sumut telah mendata ada 125 TPS kategori rawan karena geografis yang berlokasi di 7 kecamatan di Kabupaten Nias Selatan (Nisel). Namun begitu semua logistik Pemilu 2024 telah dapat dikirim.

"Kita akan memastikan sampai pergeseran logistik dari TPS menuju PPK. Ini dinamikanya bermacam-macam, tetapi petugas akan siap mengawal hasil pemungutan suara dari tingkat PPK ke kabupaten hingga provinsi," sebutnya.

"Petugas akan bersiaga sampai dengan pelantikan presiden yang baru, pelantikan anggota DPR yang baru," tandasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.