Sukses

Polres Rokan Hulu Bentuk Satkamling Jelang Hari Pencoblosan, Apa Tugasnya?

Polres Rokan Hulu membentuk Satuan Keamanan Keliling menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024 untuk menjaga situasi di masyarakat tetap aman.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polres Rokan Hulu membentuk Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) untuk mencegah tindak pidana menjelang pemilihan umum (Pemilu). Petugas melakukan patroli ke daerah rawan terjadinya kejahatan.

Kepala Polres Rokan Hulu Ajun Komisaris Besar Budi Setiyono SIK menjelaskan, patroli juga dilakukan pada jam-jam rawan. Salah satu sasarannya adalah perkampungan ataupun kompleks perumahan.

Adanya Satkamling ini sebagai langkah secara preemtif dan preventif. Anggota Satkamling bersiaga di perkampungan lalu menghimbau warganya selalu waspada dan menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing.

"Mendekati Pemilu 2024 ini, kami tetap waspada dan konsisten memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," jelas Budi, Selasa siang, 6 Februari 2024.

Anggota Satkamling terdiri dari sejumlah warga. Polres melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Ajun Komisaris Abdul Wahab memberikan jam dinding, tongkat, senter, mantel hujan, dan rompi untuk perlengkapan patroli.

"Ada posnya, kemudian keliling, intinya mendekati hari pencoblosan kami menguatkan Satkamling," kata Abdul.

Polisi rutin mengecek pos Satkamling dan berdiskusi mengenai situasi keamanan di tengah masyarakat. Polisi juga memberikan arahan untuk menyosialisasikan Pemilu damai.

"Kemudahan mengajak masyarakat ke tempat pemungutan suara, jangan sampai golput," jelas Abdul.

Polres Rokan Hulu berharap patroli rutin yang dilakukan Satkamling bisa menjaga perkampungan tetap aman menjelang Pemilu.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.