Sukses

Kucing 'Si Oyen' Bikin Resah karena Barbar, Warga Sampai Panggil Damkar untuk Evakuasi

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan berita kucing oranye alias 'Si Oyen' yang dievakuasi damkar karena terlalu barbar.

Liputan6.com, Bandung - Seekor kucing oranye baru-baru ini dievakuasi oleh pemadam kebakaran Kabupaten Bogor, Jawa Barat karena meresahkan. Kucing yang dijuluki “Si Oyen” tersebut dilaporkan oleh warga sekitar di Stadion Pakansari.

Melansir dari beberapa sumber, warga melaporkan kucing tersebut ke pemadam kebakaran untuk meminta dievakuasi. Pasalnya, kucing tersebut beberapa kali berbuat ulah mulai dari mencakar hingga menggigit warga.

Sifatnya yang agresif ternyata membuat warga sekitar resah terutama menyerang kios pedagang dan pengunjung. Karena khawatir melukai orang lain, warga sekitar sempat mencoba untuk menangkap “Si Oyen” tersebut, tetapi kerap gagal.

Akhir dari teror si Oyen Pakansari. Terdapat seekor kucing berperilaku agresif dan menyerang kios pedagang dan pengunjung. Dikhawatirkan terus melukai orang lain, Warga sekitar coba menangkap namun gagal,” tulis @bogorsiaga112.

Alhasil, sejumlah korban serangan yaitu beberapa warga sekitar memutuskan untuk melaporkannya dan meminta untuk dievakuasi. Kabar teror kucing oranye tersebut juga dibagikan melalui media sosial Instagram @bogorsiaga112.

Tak lama kemudian sejumlah korban serangan melaporkan ke pihak berwenang agar si Oyen dapat ditangkap,” ujarnya.

Melansir dari unggahan yang sama kucing oranye tersebut telah berhasil ditangkap pada Sabtu (27/1/2024). Kucing tersebut ditangkap di salah satu warung pedagang makanan Pakansari.

Tanggal 27 Jan 2024, sore hari. Si Oyen terkena OTT saat beraksi dan menyatroni salah satu warung pedagang makanan Pakansari,” tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respon Heboh Warganet

Melansir dari kolom komentar pada unggahan tersebut banyak respon positif dari para warganet. Beberapa di antaranya terhibur dengan berita lucu sang kucing dan memuji kesigapan para petugas pemadam kebakaran dalam melakukan evakuasi.

Mohon dinfo dmn Oyen ditahan. Kami LBM (Lembaga Bantuan Meong) akan memberikan pendampingan selama proses penyidikan sampe persidangan. Hidup Oyen,” tulis @ricky_bondol.

Ini lucu bgt aseli,” kata @andrekiliaan.

Masyallah petugas pemadamnya menangkap hewan dengan sangat baik, tidak diikat atau pun sebagainya yg menyiksa alhamdulillah terimakasih @damkarbogorkab,” kata @abdrhakim1.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Kucing 'Oyen'

Melansir dari thevillagevets terdapat fakta-fakta menarik dari kucing oranye berikut ini:

1. Kebanyakan kucing oranye adalah jantan

Jika kamu sering memperhatikan kucing-kucing yang ada di sekitar kamu mungkin akan tersadar bahwa kebanyakan kucing oranye berjenis kelamin jantan. Bahkan, jumlah kucing oranye jantan sekitar 80% dari jumlah total kucing oranye.

Hal tersebut karena kucing mempunyai dua kromosom yang membedakan antara jenis kelamin jantan dan betina yaitu X dan Y. Kucing betina mempunyai dua kromosom X (XX) dan kucing jantan mempunyai satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY).

Diketahui warna bulu oranye pada kucing ditentukan oleh gen yang ada pada kromosom X. Sehingga gen yang menghasilkan warna bulu oranye dominan dan hanya diperlukan satu salinan dari gen tersebut untuk menghasilkan bulu berwarna oranye.

Kucing betina berwarna oranye tentu harus mempunyai dua salinan gen oranye dan satu pada setiap kromosom X. Sementara kucing jantan hanya membutuhkan satu salinan pada kromosom X yang satu.

Maka dari itu kucing betina berwarna oranye jauh lebih langka karena membutuhkan pewarisan gen oranye dari kedua indukannya.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Kucing 'Oyen'

2. Kucing oranye mempunyai bintik-bintik atau freckles

Banyak kucing berwarna oranye mungkin mempunyai bintik-bintik atau freckles pada tubuhnya terutama jika diperhatikan pada bagian sekitar gusi, bibir, atau hidungnya. Bintik-bintik tersebut disebut sebagai lentigo.

Lentigo adalah suatu kondisi genetik yang menyebabkan munculnya bintik-bintik atau freckles. Namun lentigo bukan sesuatu yang perlu diperhatikan dan wajar jika ada kucing oranye yang mengidapnya.

3. Dikenal sebagai kucing barbar

Tidak hanya di Indonesia kucing oranye juga dikenal sebagai kucing “barbar” atau tempramen di berbagai negara lain. Sehingga banyak kucing oranye mempunyai kepribadian atau temperamen yang sama.

Meskipun dikenal barbar kucing oranye juga dikenal sebagai kucing yang suka mendapatkan cinta. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang vokal dan senang bercakap-cakap dengan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini