Sukses

Sertifikat Tanah dan Bantuan Banjir untuk Warga Grobogan

Bantuan dari negara ini diserahkan oleh Presiden Jokowi langsung.

Liputan6.com, Purwodadi - Petani pantai utara Jawa Tengah korban gagal panen (puso) menerima bantuan stimulan dari negara dan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi di Gor Bung Karno, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/01/24). 

Bantuan stimulan diberikan Presiden Jokowi petani yang menjadi korban banjir pada musim tanam 1 tahun 2023. Bantuan diberikan kepada 1300 petani di lima kabupaten yakni Grobogan, Demak, Pati, Jepara dan Kudus.

Siti Muthaharoh, petani asal Demak mengaku senang dengan bantuan dari Presiden Jokowi. Bantuan dengan bisa menggantikan padi siap panen yang puso akibat banjir jelang pergantian tahun 2023.

"Lumayan akhirnya turun. Sudah setahun. Lahan saya tidak luas hanya setengah hektar. Tapi uangnya bisa buat kurangi biaya tanam padi," katanya sebelum bertemu Presiden Jokowi. 

Bantuan, diterimakan lewat kelompok tani (Poktan) yang sebagian akan diberikan ke petani dan sebagian digunakan untuk pembelian solar untuk irigasi.

"Total di desa kami ada 50 hektar. Semua puso saat itu memang banjirnya lama jadi musim tanam satu tidak bisa panen," katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyebut bahwa itu hasil koordinasi dengan Kepala BNPB.

"Saya tanya apakah bisa petani korban banjir diberi bantuan. Dijawab korban banjir sama dengan korban tanah longsor. Jadi langsung kita berikan. Semoga bantuan segera cair," kata presiden Jokowi. 

Di Kabupaten Grobogan, selain memberikan bantuan stimulan bagi 1.300 lebih petani korban banjir juga membagikan ribuan sertifikat dan mengecek fasilitas kesehatan di Puskesmas Toroh. Bantuan yang diberikan Rp 8 juta per hektar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini