Sukses

Sehat dan Segar, Ini Daftar Minuman Khas Jawa Barat

Minuman khas dengan berbagai khasiat memang menjadi salah satu ciri khas minuman tradisional di Indonesia. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang memiliki ragam minuman khas ini.

Liputan6.com, Bandung - Tak hanya makanan, Jawa Barat juga memiliki sejumlah minuman khas. Selain menyegarkan, minuman-minuman ini juga berkhasiat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Minuman khas dengan berbagai khasiat memang menjadi salah satu ciri khas minuman tradisional di Indonesia. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang memiliki ragam minuman khas ini.
Mengutip dari berbagai sumber, berikut daftar minuman Jawa Barat yang wajib dicoba:

1. Bajigur

Bajigur adalah salah satu minuman khas Sunda yang cukup populer di beberapa wilayah di Indonesia. Bajigur terbuat dari gula aren, santan, dan jahe.

Minuman ini banyak dikonsumsi pada malam hari karena cukup menghangatkan tubuh. Jahe pada minuman ini juga membuat tenggorokan terasa hangat dan lega.

2. Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Jawa Barat yang sudah ada bahkan sejak abad ke-10 hingga ke-20. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah, seperti pala, cengkeh, dan gula aren.

Bandrek kerap dikonsumsi sebagai penghangat tubuh. Selain untuk menghangatkan tubuh, bandrek juga dipercaya mampu mencegah kanker kulit serta baik untuk saluran pencernaan dan paru-paru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bir Kotjok

3. Bir Kotjok

Bir kotjok adalah minuman dari Bogor yang terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan rempah-rempah lainnya. Meski disebut bir kotjok, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali.

4. Es Ciming

Es ciming yang berasal dari Purwakarta ini mirip dengan es campur. Namun, porsi dan isian topping es ciming lebih melimpah. Topping yang kerap digunakan adalah hunkwe, kelapa, ketan hitam, kolang-kaling, kacang hijau, dan sirup.

5. Es Doger

Es doger adalah minuman khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon. Dalam semangkuk es doger berisi es serut, roti tawar, candil, ketan hitam, susu, dan sirup.

Nama doger diambil dari singkatan dua kata, dorong gerobak. Dahulu, penjual es doger kerap menjajakan minumannya dengan menggunakan gerobak yang didorong.

 

3 dari 3 halaman

Es Goyobod

6. Es Goyobod

Es goyobod yang disajikan dalam mangkuk ini dibuat dari tepung kanji. Isian tersebut memiliki tekstur yang sangat lembut seperti jelly.

Selain tepung kanji, es goyobod juga memiliki varian topping lain, seperti pacar cina, roti tawar, kelapa muda, dan tape singkong. Adapun nama es goyobod diambil dari bahasa Belanda yang berarti basah.

7. Es Pala

Selain bir kotjok, kota Bogor juga memiliki minuman segar bernama es pala. Minuman yang sudah ada sejak masa penjajahan ini terbuat dari buah pala yang diiris-iris, gula pasir, dan sedikit garam.

Bahan-bahan itu direbus bersamaan. Setelah matang, sajian itu disajikan ke dalam gelas dan diberi tambahan es batu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini