Sukses

Gibran Rakabuming Cuti 4 Hari Usai Debat Cawapres, Ada Apa?

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming mengambil cuti selama 4 hari usai mengikuti debat cawapres yang digelar KPU di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu malam (21/1/2024). Putra sulung Presiden Jokowi itu mengajukan cuti.

Liputan6.com, Solo - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengambil cuti selama empat hari usai debat cawapres pada Minggu malam (21/1/2024). Kini Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo.

“Hari ini beliau cuti empat hari mulai hari ini hingga Kamis (25/1/2024),” kata Kabag Prokompim Setda Solo, Herwin Tri Nugroho di Balai Kota Solo, Senin (22/1/2024).

Menurut dia, Wali Kota Solo itu telah mengajukan cuti kepada Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana jauh hari sebelum debat cawapres. Gibran mengajukan cuti untuk kegiatan kampanye sebagai cawapres nomor urut 2.

“Disetujui gubernur tanggal 17 Januari 2024. Kalau pengajuannya sudah sebelum-sebelumnya. Cutinya untuk kegiatan kampanye” ucap dia.

Lantas selama cuti, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa akan menjadi Plh Wali Kota Solo. Mantan ajudan Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo itu mengungkapkan selama cuti aktivitas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap berjalan seperti biasanya.

“Kegiatan Wali Kota Solo yang sehari-hari dilakukan Pak Wakil Wali Kota Solo. Pak Teguh jadi Plh (Wali Kota Solo),” sebutnya.

Menurut Herwin, cuti yang diambil Gibran pada hari ini hingga Kamis mendatang bukanlah yang pertama. Pasalnya, sebelumnya cawapres Gibran juga sempat mengambil cuti untuk kampanye, yakni pada 8-10 Januari 2024  dan 15-17 Januari 2024.

“Terkait cuti ini sudah sesuai prosedur dengan mengajukan izin kepada atasan dalam hal ini gubernur,” kata dia.

Seperti diketahui Gibran mengambil cuti setelah mengikuti debat cawapres yang diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu malam (21/1/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.