Sukses

Hujan dan Angin Kencang Menerjang Sulut, Pohon Bertumbangan

Dari Kabupaten Minahasa Utara dilaporkan, pohon tumbang menimpa sebuah mobil di Desa Sangawan, Kecamatan Airmadidi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Liputan6.com, Manado - Hujan deras dan angin kencang menerjang hampir semua wilayah di Sulut pada, Minggu (21/1/2024). Selain banjir, sejumlah pohon tumbang di ruas jalan yang menghambat arus lalu-lintas.

Pantauan Liputan6.com di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, angin kencang yang menerjang kawasan itu menyebabkan tiang listrik roboh. Akibatnya, arus lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon terputus.  

“Kami terpaksa diarahkan untuk melintasi jalur alternatif yang sempit untuk dua kendaraan berpapasan. Akibatnya macet total,” ujar salah satu pengendara mobil dari Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa dengan tujuan Kota Manado.

Di Kota Manado, Babinsa Teling Atas Kopda Slamet Riyadi bersama Bhabinkamtibmas Bripka Marsel dan Lurah Teling Atas Maykel Handoyo serta aparat terkait dan masyarakat gerak cepat evakuasi pohon tumbang.

Pohon jenis lingua itu tumbang di Jalan 17 Agustus, Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Sulut, Minggu (21/1/2024).

Pada saat mengevakuasi pohon tersebut Babinsa menjelaskan, bahwa pohon linggua tersebut tumbang sekitar pukul 05.00 Wita. Pohon tumbang di area perkantoran, berjarak 25 meter dari Kantor Gubernur Sulut.

“Ini disebabkan karena hujan deras dari kemarin sampai hari ini, sehingga tanah menjadi lembek dan akar dari pohon tersebut sudah tidak kuat menahan beban berat badan pohon yang sudah besar dan tua,” kata Babinsa saat di lokasi.

Penanganan pohon tumbang saat ini sudah dikerjakan bersama Pemerintah Kelurahan Teling Atas, petugas BPBD, PLN serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado.

Dari Kabupaten Minahasa Utara dilaporkan, pohon tumbang menimpa sebuah mobil di Desa Sangawan, Kecamatan Airmadidi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Selain itu, pohon juga tumbang di Kelurahan Sarongsong 2, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Ini menyebabkan akses jalan Kota Manado – Kota Bitung terhambat,” ujar Humas Basarnas Manado Ferry Arianto, Minggu malam.

Dia mengatakan, pihaknya bergerak cepat mengevakuasi pohon-pohon itu sehingga arus lalu lintas dapat kembali lancar.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.