Sukses

Hujan Sehari, 4 Wilayah di Singkil Manado Terendam Banjir

Berdasarkan data yang diperoleh Liputan6.com, lokasi yang terdampak banjir yakni di Kelurahan Ternate Tanjung, Lingkungan 1 (15 rumah), Lingkungan 1 (25 rumah), Kelurahan Karame (20 rumah), dan Kelurahan Singkil Dua Lingkungan 5.

Liputan6.com, Manado - Hujan deras yang mengguyur wilayah Sulut sejak, Sabtu (20/1/2024) tengah malam, membuat sejumlah kawasan terendam banjir. Di Kecamatan Singkil, Kota Manado, ada 4 lokasi direndam banjir.

Berdasarkan data yang diperoleh Liputan6.com, lokasi yang terdampak banjir yakni di Kelurahan Ternate Tanjung, Lingkungan 1 (15 rumah), Lingkungan 1 (25 rumah), Kelurahan Karame (20 rumah), dan Kelurahan Singkil Dua Lingkungan (5 rumah).

“Ada juga pohon tumbang hingga menimpa rumah warga setempat atas nama keluarga Ridwan Ahmad, dan Keluarga Yusrin Igirisa,” ujar salah satu warga yang ditemui di lokasi.  

Terkait kondisi itu, Babinsa Ternate Tanjung, Kodim 1309/Manado Sertu Sutimin bersama instansi terkait melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Kota Manado, Sulut, Minggu (21/1/2024).

Akibat hujan terus menerus sejak beberapa hari ini, di daerah Kabupaten Minahasa dan Kota Manado mengakibatkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano meluap.  

"Pukul 14.00 Wita dengan ketinggian air kurang lebih 30 sentimeter dari titik terendah, masuk di pemukiman warga," ungkap Babinsa Ternate Tanjung.

Babinsa mengimbau kepada warga yang masih tinggal di lokasi rawan bencana berhati-hati. Cuaca ekstrem masih terus terjadi, waspada dengan kemungkinan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

“Kepada warga yang masih tinggal di lokasi rawan bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman," katanya.

Babinsa menambahkan saat ini pukul 15.30 air DAS Tondano sudah berangsur-angsur turun dan kedalaman air yang meluap di pemukiman masyarakat dengan kedalaman kurang lebih 50 cm atau batas lutut orang dewasa.

"Untuk sementara masyarakat belum ada yang mengungsi, warga sebagian menumpang di rumah tetangga yang lebih aman. Rumah warga yang terendam air kurang lebih 15 unit rumah," ujarnya memungkasi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.