Sukses

Megenal Serigala, Hewan Hierarki yang Cerdas

Serigala merupakan salah satu jenis hewan yang hidup berkelompok dan mempunyai kecerdasan luar biasa.

Liputan6.com, Bandung - Serigala merupakan salah satu jenis hewan yang populer dan telah dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Hewan ini merupakan salah satu predator berukuran besar yang umum ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Asia.

Melansir dari wolfpark.org serigala umumnya tinggal di hutan belantara terpencil dan hidup sebagai hewan pemburu dan buas. Serigala merupakan hewan karnivora atau pemakan daging yang termasuk keluarga anjing dan anggota keluarga terbesar.

Hal yang membedakan serigala dengan anjing adalah gaya hidupnya dan serigala tidak sejinak anjing-anjing jenis lainnya. Sementara itu, serigala dikenal sebagai hewan yang berkelompok dan biasa berburu mangsa bersama.

Hewan ini juga termasuk dalam salah satu jenis hewan setia kepada pasangannya masing-masing dan seumur hidupnya hanya akan mempunyai satu pasangan saja. Serigala juga biasanya mempunyai ketua dalam setiap tim kawanannya baik serigala jantan dan betina.

Biasanya sepasang serigala jantan dan betina tersebut dijuluki “alpha” dalam kawanannya sebagai seorang pemimpin atau ketua. Biasanya pasangan alpha dihormati dalam kelompok kawanannya dan mempunyai hak untuk mencicip terlebih dahulu.

Hewan serigala juga sering disebut sebagai nenek moyang semua anjing peliharaan dan di Amerika Utara sendiri ada dia spesies serigala. Di antaranya spesies yang lebih kecil adalah serigala merah, canis rufus, yang mempunyai bulu lebih pendek dan merah daripada serigala abu-abu.

Kemudian serigala abu-abu atau Canis lupus mempunyai bulu yang lebih tebal dan berwarna abu-abu atau emas dan lebih besar dari serigala merah. Serigala abu-abu juga kebanyakan tinggal di Amerika Serikat bagian timur laut, Kanada, dan Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Unik Serigala

Melansir dari Bobo berikut ini adalah beberapa fakta unik dari serigala yang harus kamu ketahui:

1. Hidup Secara Berkelompok

Serigala merupakan hewan yang hidup dalam sebuah kelompok atau hidup secara berkelompok dengan jumlah sekitar 20 ekor. Serigala hidup secara bersama dan akan mencari mangsa secara bersama-sama pula.

Serigala termasuk pada jenis hewan yang mempunyai solidaritas tinggi karena jika salah satu anggota kelompoknya ada yang sakit maka anggota lainnya akan merawat serigala yang sakit dengan mencarikan makanan serta menjaga kondisinya untuk tetap pulih.

2. Hidup dengan Hierarki

Serigala dikenal sebagai hewan yang hidup berkelompok serta mempunyai hidup tegas dengan hierarki. Setiap kelompok mempunyai aturan kepemimpinan dari atas ke bawah.

Sama seperti manusia mereka juga memiliki struktur sosial dan memiliki sistem sosial berupa sistem hirarki. Bahkan, sistem ini akan tetap diberlakukan karena serigala mempunyai warisan genetik sebagai suatu spesies yang hidup dalam keluarga besar.

3 dari 3 halaman

Fakta Unik Serigala

3. Indra dan penciuman yang tajam

Serigala merupakan hewan yang mempunyai kemampuan pendengaran hingga penglihatan yang sangat tajam. Diketahui hewan ini mempunyai pendengaran yang seratus kali lebih kuat daripada manusia dan penglihatannya sangat sensitif pada gerakan yang berguna dalam berburu di malam hari.

4. Cerdas dan Berstamina Tinggi

Serigala merupakan hewan yang cerdas dan dikenal sebagai hewan yang mempunyai stamina yang tinggi. Hewan ini juga sangat cerdas karena mampu membuat strategi berburu di alam liarnya.

Serigala membuat strateginya dengan mengawasi, mengintimidasi, membuat mangsa lelah, hingga akhirnya berhasil membunuh mangsanya. Tahapan tersebut dilakukan oleh serigala dalam berburu dan menjadi bukti bagaimana pintarnya serigala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.