Sukses

Mengenal Sukanto Tanoto, Miliarder RI yang Beli Hotel Mewah di Shanghai

Nama Sukanto Tanoto tengah menjadi perhatian publik. Pasalnya miliader asal Indonesia tersebut baru-baru ini membeli hotel mewah di Shanghai.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini nama miliarder Indonesia Sukanto Tanoto tengah menjadi perhatian publik. Perusahaan miliknya, Pacific Eagle Real Estate membeli sebuah hotel mewah di Shanghai, China.

Hotel mewah tersebut sebelumnya bagian dari pengembang properti group Dalian Wanda. Adapun lokasi hotelnya berada di bagian selatan tepi laut Bund yang terkenal di Shanghai.

“Sebagai investor jangka panjang, Pacific Eagle Real Estate mengakuisisi Shanghai Wanda Reign di Bund Hotel untuk optimalkan modal,” kata juru bicara Pacific Eagle mengutip Mingtiandi.

Meskipun harga akuisisinya tidak diungkapkan, melansir dari beberapa sumber aset tersebut berpindah tangan diperkirakan dengan harga mencapai 1,44 miliar hingga 1,66 miliar RMB. Atau sekitar USD 204 juta hingga USD 234 juta jika dirupiahkan sekitar Rp3,16 triliun hingga Rp3,63 triliun.

Hotel mewah tersebut dikenal sebagai hotel yang mempunyai 193 kamar dengan bangunan-bangunan art deco bergaya Barat. Hotel mewah tersebut dibangun pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Sebagai informasi, Pacific Eagle Real Estate merupakan perusahaan investasi properti milik konglomerat Sukanto Tanoto yang berbasis di Singapura. Dalam beberapa tahun terakhir ini perusahaannya membuat terobosan dalam pasar real estate Singapura.

Misalnya saja pada 2022 perusahaan ini membeli sebuah pusat perbelanjaan di Tanglin pada kawasan perbelanjaan Orchard Road Singapura dengan harga 645 juta dollar AS. Selain itu perusahaan ini  juga bekerja sama dengan China Resources Capital dalam membangun Pacific Eagle Center sebuah menara perkantoran setinggi 21 lantai di Beijing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Sukanto Tanoto

Melansir dari situs resminya tanotofoundation.org, Sukanto Tanoto merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia yang mendirikan dan pemilik grup usaha Royal Golden Eagle (RGE).

Sebelumnya, RGE mempunyai nama Raja Garuda Mas (RGM) dan mengelola sekelompok perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam. RGE berdiri sejak 1973 dan mempunyai kantor di beberapa kota di dunia.

Di antaranya kantor RGE ada di beberapa wilayah seperti di Singapura, Hongkong, Beijing, Jakarta, hingga Nanjing. Awalnya bisnis Sukanto dimulai pada 1967 dengan berbisnis sebagai pemasok suku cadang da pengusaha di bidang jasa konstruksi untuk industri minyak.

Kemudian perusahaannya berkembang menjadi grup yang bergerak dalam bidang pulp dan keras, kelapa sawit, hingga energi. Diketahui dalam bidang pulp dan kertas dipegang oleh Asia Pacific Resources International Holding Ltd atau APRIL.

Sementara itu, dalam bidang industri perkebunan kelapa sawit dipegang oleh Asian Agri dan Apical. Kemudian dalam bidang energi dipegang oleh perusahaannya yaitu Pacific Oil & Gas.

3 dari 3 halaman

Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

Melansir dari Forbes, Sukanto Tanoto masuk dalam daftar orang terkaya ke-20 di Indonesia dan ke-955 di dunia. Pria berusia 74 tahun tersebut mendapatkan sumber kekayaan dalam berbagai bidang bisnis.

Barcell miliknya menjadi salah satu produsen selulosa khusus terbesar di dunia yang digunakan dalam segala hal mulai dari tisu bayi hingga es krim. Pada tahun 2023 Tanoto merambah ke bisnis kertas tisu dengan mengakuisisi OL Papeis dari Brazil dan saham di Vinda dari Tiongkok.

Selain itu Barcell miliknya menginvestasikan $500 juta untuk membangun fasilitas kertas tisu dan pulp di Brasil. Tanoto diketahui telah menikah dan mempunyai empat orang anak meskipun berkewarganegaraan Indonesia saat ini Tanoto bertempat tinggal di Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini