Sukses

Menikmati Lezatnya Sambal Bakar Khas Bontang di Rumah Makan Myzka Sukabumi

Sambal khas Bontang, Kalimantan Timur kini bisa dinikmati di Kabupaten Sukabumi. Keunikan sambal ini yaitu dimasak langsung di atas cobek tanah liat.

Liputan6.com, Sukabumi - Rumah makan Myzka menjual berbagai macam menu makanan dengan harga terjangkau serta mengenyangkan, tempat ini bisa jadi rekomendasi kuliner bersama keluarga. Menu andalan di sini yaitu sambal bakar yang disajikan langsung di atas cobek, diketahui sambal ini merupakan sajian pedas khas Bontang Kalimantan Timur.

Berlokasi di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Sambar Bakar Myzka, seperti namanya, tempat ini menjual berbagai lauk dengan sambal bakar khas buatan mereka.

Ada empat jenis sambal bakar yang bisa dicoba, sambal bawang, sambal dadakan, sambal terasi dan sambal hijau dengan tingkat kepedasan original, ekstra pedas dan pedas gila. Menu yang disajikan dengan sambal bakar ini pun beragam mulai dari ikan gurame, ayam, udang, cumi, dan empal. 

Selain itu, bagi pengunjung yang tak menyukai makanan pedas, mereka juga menyajikan menu lainnya seperti gurame asam manis, sop iga, cah kangkung, bakso, tempe mendoan hingga sate maranggi. 

Menu makanan itu semakin nikmat saat disantap dengan nasi panas, ikan nila sambal bakar dan cumi sambal bakar. Terlebih, saat disajikan di atas cobek tanah liat, aroma smoky atau aroma asap yang khas, semakin menggugah selera. Perpaduan rasa pedas bercampur manis dan gurih, membuat sajian ini masih bisa dinikmati karena tidak menyiksa lidah.

Owner Sambal Bakar Myzka, Muhammad Ikhsan Maulana menyebut, rumah makan itu dibuka sejak awal tahun 2023. Lokasi tersebut mulanya merupakan sebuah rest area dan berkembang menjadi rumah makan.

Dia menjelaskan, penamaan Myzka cukup unik karena mengambil gabungan dari bahasa Arab yang mengandung arti murni, loyalis atau pekerja keras. 

Rumah makan ini dapat menampung pengunjung hingga 200 orang. Biasanya, kunjungan akan ramai saat memasuki akhir pekan. Ikhsan menuturkan, perbedaan sambal bakar ini dengan yang lainnya terletak dari cara memasak dan penyajiannya. 

"Sambal bakar yang membedakan selain di atas coet, itu nggak diulek, diiris-iris besar, kemudian dimasukan ke coet mendidih. Bumbunya juga berbeda, rasanya khas, gurih dan pedas, tingkat kepedasannya bisa request, bisa ekstra pedas dan pedas gila," kata Ikhsan saat ditemui pada Rabu (3/1/2024). 

Dirinya mengungkapkan, beberapa menu yang disajikan menggunakan resep turun temurun dari ibunya. Kemudian, koki yang bekerja di sana sudah mahir masak sejak 20 tahun. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp20 ribuan. Pihaknya juga menyediakan paket murah apabila dipesan rombongan. 

Pihaknya berencana akan membuka lima cabang Sambal Bakar Myzka, yakni dibuka di Sukabumi, Cianjur, Bogor hingga Garut. Rumah makan ini buka setiap hari dari pukul 10:00 WIB sampai 22:00 WIB. Selain menyediakan makanan yang enak, di sana juga ada fasilitas pendukung lainnya seperti Wifi, karaoke gratis, musala, toilet dan area parkir yang luas 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.