Sukses

Pimpin Salat Subuh, Imam Masjid Jami Al Ula Balikpapan Meninggal Saat Sujud

Seorang imam masjid, H Samsul Bahri, mengembuskan napas terakhirnya saat menjadi imam pada salat subuh di Masjid Jami Al Ula, Balikpapan Barat, pada Selasa (2/1/2024).

Liputan6.com, Balikpapan - Ajal tidak ada yang tau kapan datangnya. Seperti yang dialami H Samsul Bahri. Dia mengembuskan napas terakhirnya saat menjadi imam pada salat subuh di Masjid Jami Al Ula, Balikpapan Barat, pada Selasa (2/1/2024).

Kejadian yang terekam kamera CCTV tersebut pun viral di media sosial. Sang imam meninggal saat sedang sujud. Ada beragam respons masyarakat Kota Beriman. Banyak yang menyampaikan duka cita dan mendoakan almarhum.

Salah seorang Pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Jami Al Ula Balikpapan, yakni Abdul Kadir mengatakan, saat kejadian ia berada di saf kedua.

"Beliau meninggal di sujud pertama rakaat pertama salat subuh," terang Abdul Kadir, ditemui di Masjid Jami Al Ula.

Disebutkan, Samsul Bahri meninggal sekitar pukul 05.15 Wita saat sujud. Sehingga, imam masjid lain, yakni H Burhansyah melanjutkan memimpin jalannya salat subuh.

Selesai salat subuh, jenazah almarhum sempat dibawa pengurus masjid ke Rumah Sakit Sayang Ibu yang berlokasi di wilayah Balikpapan Barat, sebelum diserahkan ke pihak keluarganya yang berdomisili di Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan Barat.

Abdul Kadir menambahkan, Samsul Bahri dikenal sebagai anggota jemaah dan pengurus DKM yang aktif, serta tidak pernah berselisih paham dengan orang lain. Mendiang juga dikenal sebagai pemilik Apotek Arif Rahman yang ada di seberang Kantor Perwakilan Tentara Malaysia, Balikpapan Barat.

Selain itu, mendiang juga menjadi sosok panutan jamaah masjid karena memiliki kemampuan hafalan Al-Qur'an yang baik. "Bagi kami selaku DKM Masjid Jami Al Ula menyampaikan duka sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum Insya Allah beliau wafat dalam keadaan husnul khatimah," imbuhnya.

Terpantau, banyak jemaah masjid yang mengikuti salat jenazah yang dilaksanakan usai salat Asar di Masjid Jami Al Ula. Selanjutnya, jenazah Samsul Bahri dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Merdeka, Kelurahan Baru Ulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.