Sukses

Perayaan Malam Natal di Manado, Aparat TNI dan Polri Pantau Sejumlah Gereja

Sejumlah gereja yang dikunjungi adalah Gereja GMIM Paulus Titiwungen, Gereja Katedral Manado, Gereja GPdI Pusat Manado. Kehadiran rombongan disambut langsung pengurus gereja setempat.

Liputan6.com, Manado - Perayaan Malam Natal atau Vigili Natal, Minggu (24/12/2023), di Manado, Sulut, berjalan lancar dan aman. Aparat TNI dan Polri melakukan pemantauan di sejumlah gereja.   

Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) turut mendampingi Forkopimda Provinsi Sulut meninjau perayaan malam Natal, sekaligus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan beribadah bagi umat Kristiani dalam merayakan Hari Natal 2023.

Sejumlah gereja yang dikunjungi adalah Gereja GMIM Paulus Titiwungen, Gereja Katedral Manado, Gereja GPdI Pusat Manado. Kehadiran rombongan disambut langsung pengurus gereja setempat.

Dalam kunjungan itu, Dandim Manado juga menyapa para jemaat di gereja, dan mengucapkan Selamat Hari Natal 2023 kepada para jamaat. Dia berharap Natal memberikan berkah bagi Umat Kristiani.

"Selamat menjalankan ibadah Natal mudah-mudahan akan menjadi suatu karunia dari Tuhan," ujarnya.

Himawan Teddy Laksono mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga keamanan para jemaat sehingga timbul rasa aman dalam menjalankan ibadah. Hal ini juga memberikan gambaran kepada seluruh umat Kristiani bahwa Kota Manado dalam keadaan aman dan damai.

"Kehadiran kami di sini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Natal. Harapan kami semoga sampai dengan tahun baru nanti situasi dan kondisi wilayah Kota Manado kondusif dan damai,” ujarnya memungkasi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Personel Polda Sulut Amankan Perayaan Natal

Ratusan personel gabungan Polda Sulut siap mengamankan jalannya ibadah Natal di wilayah Kota Manado.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto melalui Surat Perintah tertanggal 22 Desember 2023, menugaskan kurang lebih 785 personel untuk mem-back up Polresta Manado dalam pengamanan ibadah Natal.

Sesuai surat tersebut, pengamanan berlangsung selama tiga hari, di sejumlah gereja yang ada di wilayah Kota Manado, mulai 24 hingga 26 Desember 2023.

Untuk mengecek kesiapan akhir, dilakukan apel pengecekan personel pengamanan, di Lapangan Presisi Markas Polda Sulut, pada Minggu (24/12/2023) sore.

Apel tersebut dipimpin oleh Dirpamobvit Polda Sulut Kombes Pol HY Arief Satriyo, selaku Kepala Pengamanan. Pengamanan itu bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan rasa aman, nyaman, tenang, dan khidmat bagi seluruh masyarakat.

“Baik masyarakat yang akan beribadah maupun masyarakat yang ada di sekitar tempat ibadah,” kata Arief.

Sesaat usai apel pengecekan, para personel bergeser menuju lokasi pengamanan yang telah ditentukan.

Diketahui, para personel tersebut dibagi dalam beberapa tugas pengamanan. Yakni pengamanan gereja, pengamanan lalu lintas, pengamanan lokasi, dan pengamanan mobile.

Kegiatan pengamanan serupa juga dilakukan oleh seluruh Polres jajaran Polda Sulut di wilayah masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.