Sukses

Gantikan Gibran Jadi Inspektur Upacara, Atlet Disabilitas Peraih Medali Emas Mengaku 'Demam Panggung'

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menunjuk atlet para tenis meja peraih medali emas ASEAN Para Games 2022 menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Bela Negara 2023 sekaligus Hari Ibu yang yang digelar di Balai Kota Solo, Selasa (19/12/2023).

Liputan6.com, Solo - Ana Widyasari, atlet peraih medali emas ASEAN Para Games 2022 ditunjuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai inspektur upacara (irup) peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 sekaligus peringatan Hari Ibu di halaman Balai Kota Solo, Selasa (19/12/2023). Atlet penyandang disabilitas itu pun demam panggung alias grogi karena harus menggantikan putra sulung Presiden Jokowi itu menjadi irup.

Atlet para tenis meja asal Solo itu mengenakan busana adat Lampung berwarna merah. Didampingi ajudan, ia langsung berjalan menuju mimbar upacara yang menghadap ratusan ASN Pemkot Solo yang menjadi peserta upacara. Sedangkan, Gibran yang didampingi istrinya Selvi Ananda dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa serta tamu undangan lainnya duduk di barisan kursi VIP.

Momen menjadi irup di lingkungan Pemkot Solo menjadi pengalaman pertama bagi Ana sepanjang hidupnya. Grogi dan tegang terlihat jelas di wajah peraih medali emas pesta olahraga bagi atlet penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu. Setelah 15 menit memimpin upacara, ia pun meninggalkan mimbar dan kembali duduk di barisan kursi VIP yang sederet dengan Gibran dan istrinya Selvi Ananda.

"Grogi banget," ujar Ana Widyasari saat ditemui usai mengikuti upacara peringatan Hari Bela Negara 2023 yang dibarengi dengan peringatan Hari Ibu di halaman Balai Kota Solo, Selasa (19/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Irup di Luar Pemkot Solo

Ia pun mengaku hanya butuh latihan sebanyak dua kali sebelum menjadi irup pada Selasa pagi itu. Meski hanya dua kali latihan, ia bersyukur karena waktu latihan yang terbilang mepet itu, dia mampu melakoni dengan lancar dan berhasil. "Cuma dua kali latihan, kemarin sama tadi padi. Ini pengalaman pertama," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku sengaja memilih atlet perempuan berprestasi asal Solo untuk menjadi pembina upacara. Pasalnya, upacara yang berbarengan dengan peringatan Hari Ibu menjadi media untuk menonjolkan perempuan-perempuan hebat dari Solo.

"Keterlibatan kaum perempuan kan luar biasa sekali di Solo, baik masalah stunting, masalah UMKM, dan hari ini ada atlet tenis meja yang berprestasi peraih medali emas (ASEAN Para Games),” kata dia.

Selain Ana Widyasari yang menjadi peraih medali emas cabang olahraga ASEAN Para Games, sebelumnya Gibran juga sempat menunjuk Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono menjadi irup saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri di halaman Balai Kota Solo pada Rabu (19/11/2023) lalu. Tak hanya itu saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 lalu juga menunjuk KGPAA Mangkunegara X sebagai pembina upacara.

"Kan memang akhir-akhir ini irupnya dari luar semua, dari Bawaslu, kemudian dari veteran dan hari ini dari atlet para games peraih medali emas. Ini sebagai sebuah bentuk penghargaan," ujar Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini