Sukses

Simak, Berikut Cara Menurunkan Kolesterol

Berikut ini adalah cara untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Liputan6.com, Bandung - Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi dari batas normal. Kolesterol sebetulnya senyawa lemak yang penting untuk fungsi tubuh, tetapi jika kadarnya berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Melansir dari Siloam Hospital, kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Terutama meningkatkan beberapa risiko penyakit salah satunya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Penyebab dari kolesterol tinggi biasanya mempunyai sifat genetik atau disebabkan karena adanya gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Misalnya, pola makan tinggi lemak jenuh, kurangnya aktivitas fisik, hingga kelebihan berat badan.

Selain faktor-faktor tersebut kolesterol tinggi juga bisa dipengaruhi oleh faktor usia karena cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Adapun kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala yang jelas sehingga sulit dideteksi tanpa ada pemeriksaan darah rutin.

Maka dari itu, pemeriksaan harus dilakukan karena jika dibiarkan dan tidak diatasi bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Selain itu, dalam menangani kolesterol tinggi perlu adanya kesadaran terkait pentingnya gaya hidup yang kita jalani.

Di antaranya meningkatkan aktivitas fisik, mengatur pola makan dengan membatasi lemak jenuh dan trans, hingga meningkatkan asupan serat. Perlu kita ketahui bahwa dengan mengelola kolesterol dengan benar menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Melalui artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menjaga diri dari kolesterol tinggi hingga cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol

Melansir dari Siloam Hospital berikut ini adalah cara-cara untuk menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan:

1. Mengonsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Menerapkan pola makan yang sehat tentunya menjadi langkah awal dalam menjaga diri dari tingginya kadar kolesterol. Selain itu terdapat beberapa makanan yang ternyata bisa menurunkan kolesterol yang bisa kita konsumsi.

Melansir dari situs resmi Kemenkes berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa menjadi penurun kolesterol yaitu Sayuran Hijau seperti bayam, kangkung, hingga arugula. Kemudian kacang-kacangan, pisang, oat, teh hitam, susu kedelai, wortel, terong, dll.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menjadi faktor yang membuat kolesterol tinggi dalam tubuh. Sehingga seseorang perlu untuk menjaga dan mengontrol berat badannya tetap ideal agar bisa menjaga kadar kolesterol normal.

Menurut penelitian dari Alexander B Leichtle yang dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition. Menjaga berat badan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh terhadap kolesterol.

Sehingga berat badan ideal bisa membantu dalam meningkatkan penyerapan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL).

3 dari 4 halaman

3. Rajin Berolahraga

Melakukan aktivitas bergerak seperti olahraga juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol karena efektif juga dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

Selain itu olahraga yang rutin bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Salah satu caranya bisa dengan melakukan olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu.

Beberapa olahraga yang dilakukan bisa berupa olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Namun bagi seseorang yang mempunyai kondisi medis tertentu bisa melakukan olahraga sesuai saran dari dokter.

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Bagi perokok aktif ada baiknya kebiasaan merokok dihentikan karena merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal tersebut karena zat nikotin yang terdapat dalam rokok bisa menghambat laju kolesterol menuju hati untuk proses penyaringan.

Karena penghambatan tersebut kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah hingga meningkatnya risiko jantung.

4 dari 4 halaman

5. Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya masalah kesehatan termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sehingga seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi sangat tidak disarankan mengonsumsi alkohol.

6. Membatasi Asupan Mengandung Gula atau Lemak Jahat dan Perbanyak Konsumsi Serat

Membatasi asupan manis tidak hanya mencegah terjadinya diabetes tetapi juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar kolesterol. Selain itu beberapa makanan yang mengandung lemak jahat (lemak jenuh atau lemak trans) harus dihindari.

Sementara itu makanan yang harus diperbanyak adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Pasalnya makanan mengandung serat tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini