Sukses

Pertamina Patra Niaga Terapkan Pembatasan Pembelian Pertalite di SPBU Balikpapan

Berbagai upaya pun dilakukan PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimanta untuk mengatasi antrean panjang kendaraan yang mengisi BBM partalit, salah satunya meniadakan penjualan BBM jenis pertalite untuk kendaraan roda empat di dua SPBU Stal Kuda dan Sepinggan.

Liputan6.com, Balikpapan - Antrean Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) masih terus terjadi. Apalagi antrean BBM di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) membuat kemacetan di jalan, lantaran kendaraan yang mengantre memakan badan jalan.

Berbagai upaya pun dilakukan PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan, salah satunya meniadakan penjualan BBM jenis pertalite untuk kendaraan roda empat di dua SPBU Stal Kuda dan Sepinggan. Tak cukup sampai di sana langkah antisipasi mengurai antrean penyaluran BBM jenis Pertalite kembali dilakukan.

Kali ini, beberapa SPBU di Kota Balikpapan melakukan pembatasan pembelian maksimal 8 liter per hari kepada pemilik kendaraan roda dua dan tidak melayani pengisian kendaraan roda dua dengan tangki BBM modifikasi. Hal tersebut disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya pada Kamis (7/12/2023).

Menurut Arya, beberapa upaya telah dilakukan Patra Niaga khususnya di Kaltim untuk mengurai antrean yang terjadi di SPBU khususnya konsumen BBM jenis Pertalite.

“Penertiban yang dilakukan seperti pembatasan pembelian, tidak melayani pembelian yang berulang kali dan tidak melayani pembelian untuk kendaraan dengan tangki modifikasi, merupakan langkah-langkah yang diambil guna mengurai antrean. Kami memahami hal tersebut belum optimal lantaran konsumen Pertalite terus bertambah dan banyak cara dilakukan oleh para pengetap untuk mendapatkan BBM jenis Pertalite,” ungkap Arya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuota BBM Pertalite Mencukupi

Sementara itu, salah seorang pengawas di SPBU 61.761.02 yang berlokasi di daerah Sepinggan, Rusli, menyampaikan saat ini dilakukan penertiban untuk pelanggan BBM Pertalite terutama untuk kendaraan Roda 2.

“Bagi kendaraan bermotor diminta agar tidak melakukan pembelian secara berulang dan kami tidak melayani pembelian untuk kendaraan dengan tangki yang dimodifikasi. Kebijakan ini sudah mulai kami terapkan mulai dari pertengahan November lalu dan ini merupakan upaya yang kami lakukan dalam rangka penertiban pengguna Pertalite khususnya kendaraan roda 2,” ujar Rusli.

Menurut data yang dihimpun oleh tim Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, kuota BBM jenis Pertalite di Kota Balikpapan masih cukup hingga akhir tahun selama tidak terjadi lonjakan pembelian di masyarakat.

“Konsumen tidak perlu khawatir terkait kuota BBM karena untuk Kota Balikpapan masih mencukupi hingga akhir Desember, namun tentunya kita harus saling menjaga agar kuota tersebut tetap terjaga hingga akhir tahun. Kami terus menghimbau masyarakat untuk menggunakan BBM secara bijak dan sesuai peruntukkannya dan tidak memperdagangkan kembali di luar tata kelola migas yang telah diatur oleh Undang-undang salah satunya Perpres no.191 tahun 2014,” tambah Arya.

Sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga tentunya akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat. Bagi konsumen atau masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses bisnis Pertamina Patra Niaga dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.