Sukses

UGM Sediakan Sarapan Pagi Gratis bagi Mahasiswa Saat Ujian Semester

Ujian semester bagi mahasiswa tentu akan menyita waktu sehingga terkadang susah bagi para mahasiswa menyiapkan sarapan. Melihat kondisi ini UGM membuat program Sarapan pagi gratis kepada mahasiswa selama ujian semester.

Liputan6.com, Yogyakarta - Beberapa fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan sarapan pagi gratis kepada mahasiswanya selama ujian semester ini  mulai 4-15 Desember 2023 dengan menunjukkan kartu ujian atau KTM. Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi S. Daryono mengatakan program SAPA PAGI (Sarapan Pagi) atau sarapan pagi gratis ini sudah berjalan sejak tahun 2022 lalu  saat ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) dengan 200 porsi.

Budi mengatakan penyediaan sarapan pagi gratis ini berawal dari pengalaman pribadinya saat menempuh kuliah S1. Saat itu karena belum sarapan pagi ada temannya yang pingsan saat menjalani ujian akhir semester.

“Karenanya kami berinisiatif untuk menyediakan SAPA PAGI bagi seluruh mahasiswa Fakultas Biologi baik Program Sarjana dan Pascasarjana yang sedang mengikuti UTS atau UAS di kampus,” tuturnya.

Selain Fakultas Biologi, ada Fisipol, Fakultas Pertanian, dan fakultas lainnya yang memberikan sarapan pagi gratis. Harapannya sarapan pagi gratis ini tidak hanya menambah stamina mahasiswa selama ujian tapi juga menambah semangat dan motivasi belajar menghadapi ujian. 

Jika di Fakultas Biologi dengan nama Sapa Pagi, di Fakultas Pertanian memberikan sarapan pagi gratis dengan program bernama Pondasi mulai 4-19 Desember 2023 dengan total 10.000 porsi sarapan gratis. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian UGM, Dyah Weny Respatie mengatakan penyediaan sarapan gratis ini selain mahasiswa dapat fokus mempersiapkan ujian juga dapat  menumbuhkan empati antar mahasiswa.

“Harapannya, melalui program ini bisa melatih mahasiswa dalam menumbuhkan rasa empatinya dengan menyadari bahwa porsi yang disediakan terbatas. Harapannya kalau sudah mengambil 1 porsi sarapan, sebaiknya tidak mengambil lagi agar yang lain bisa mendapatkan sarapan gratis ini,”jelasnya.

Dekan Fisipol UGM, Wawan Mas’udi mengatakan FISIPOL UGM sudah memberikan sarapan pagi gratis dengan program Fisipol Free Breakfast sejak tahun 2017 silam selama ujian semester. Setiap harinya selama ujian pihaknya menyediakan 100-200 porsi sarapan gratis. 

Fakultas Hukum UGM memberikan sarapan gratis bagi mahasiswa selama periode ujian semester yang dilakukan sejak tahun 2018 lalu.  Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Adrianto Dwi Nugroho menyatakan program sarapan pagi gratis bagi mahasiswa ini dapat mencegah mahasiswa jatuh sakit  menjelang ujian.  

"Harapannya, mahasiswa dapat mengikuti ujian akhir dengan baik dan prestasi akademik dapat meningkat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.