Sukses

Menkominfo Sebut Indonesia Dapat Pelajaran Berharga dari FIFA World Cup U-17

Perhelatan Pilaa Dunia U-17 atau FIFA World Cup U-17 di Indonesia menjadi pelajaran berharga untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Liputan6.com, Solo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, merasa puas dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Indonesia mendapat banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kompetisi sepak bola kelompok umur tingkat dunia tersebut.

Menurut dia, pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 bisa menjadi modal berharga untuk menggelar hajatan-hajatan level serupa di masa depan, termasuk salah satunya menjadi tuan rumah Piala Dunia level senior.

"Piala Dunia U-17 2023 ini menjadi pelajaran bahwa kita sebagai negara mampu menyelenggarakan event kelas dunia," kata Budi Arie dalam sesi konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Solo, Sabtu (2/12/2023).

Kompetisi sepak bola level dunia yang digelar tersebut pasti mengangkat nama Indonesia, karena sudah pernah menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia walaupun levelnya masih Timnas U-17. Menurut Budi bukan tidak mungkin suatu saat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang senior.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setop Perundungan ke Pemain Timnas U-17

Selain pengalaman menjadi tuan rumah yang dianggap sukses, Budi juga menyebut bahwa kejuaraan ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memajukan dunia kulit bundar di tanah air. 

"Kita memang harus belajar dari kejuaraan ini. Banyak kendala dan tantangan, tapi kita harus optimistis bahwa suatu saat prestasi sepak bola kita akan meningkat dan juga kesiapan kita sebagai tuan rumah juga sudah diuji. Kita melakukannya dengan baik," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, dirinya berpesan kepada publik agar menghentikan tindakan perundungan yang menyasar para pemain Timnas Indonesia U-17 setelah gagal melaju ke fase gugur Piala Dunia U-17 2023.

"Sayang sekali Timnas Indonesia U-17 gagal lolos dari fase grup. Namun, semangat yang sudah diperlihatkan para pemain memang luar biasa. Saya minta tolong, para pemain kita jangan terus-terusan di-bully. Saya mengimbau juga kepada para netizen. Ini kan para pemain muda, kalau dirundung di media sosial nanti mentalnya jatuh. Apalagi mereka masih sangat muda, kariernya masih sangat panjang," tuturnya.

Sementara itu, Budi juga merasa puas dengan jumlah kehadiran penonton di Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, selama kejuaraan ini berlangsung, Indonesia telah mampu memenuhi average attendance yang diberikan oleh FIFA.

"Kita lihat saja nanti di partai Final, saya optimistis bahwa masyarakat kita masih ingin menonton final antara dua tim yang betul-betul jagoan, Jerman dan Prancis. Jangan berkecil hati soal penonton, karena kita sudah melampaui target FIFA,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.