Sukses

Sonar Nusantara Utama Dukung Hibah Software Leica Cyclone untuk Teknik Geomatika ITS

Penyerahan hibah ini secara resmi dilakukan oleh Leica Geosystems Indonesia pada 22 November 2023 melalui PT Sonar Nusantara Utama.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam era teknologi yang terus berkembang, perusahaan yang bergerak di bidang survei dan pemetaan seperti Leica Geosystem Indonesia dan PT Sonar Nusantara Utama memegang peranan vital dalam mengumpulkan, menganalisis hingga mengaplikasikan data geografis untuk berbagai keperluan terutama dalam menyediakan informasi yang kritis sebagai dasar pengambilan keputusan dan pengembangan proyek-proyek berbasis lokasi.

Hal tersebut mendorong kemajuan sektor pemetaan dalam skala yang lebih luas termasuk dalam menggagas inovasi di dunia geospasial. Dalam hal ini, hubungan antara perguruan tinggi khususnya instansi pendidikan teknik geomatika dengan industri survey dan pemetaan menjadi pilar utama dalam menghadapi tantangan dan peluang yang muncul.

Berkat kerja sama yang erat antara Leica Geosystem Indonesia dan PT Sonar Nusantara Utama dengan Departemen Teknik Geomatika ITS, Leica Geosystems Indonesia memberikan hibah berupa perangkat lunak untuk pemodelan dan analisis data laser scanner meliputi Leica Cyclone Register 360 PLUS, Leica Cyclone 3DR, Leica Cloudworx for Revit, AutoCAD dan BricsCAD kepada Departemen Teknik Geomatika ITS.

Penyerahan hibah ini secara resmi dilakukan oleh Leica Geosystems Indonesia pada 22 November 2023 melalui PT Sonar Nusantara Utama dan diterima langsung oleh Kepala Departemen Teknik Geomatika ITS.

Momentum penyerahan hibah ini menegaskan komitmen Leica Geosystem Indonesia dan  PT Sonar Nusantara Utama dalam mendukung pengembangan dan peningkatan fasilitas teknologi di Departemen Teknik Geomatika ITS.

Dengan diterimanya perangkat lunak pemodelan dan analisis data laser scanner, Departemen Teknik Geomatika ITS kini memiliki sumber daya yang sangat berharga untuk mengoptimalkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di lingkungan mereka.

Peristiwa ini tidak hanya menjadi pencapaian tersendiri bagi departemen, tetapi juga menciptakan tonggak penting dalam kemajuan teknologi khususnya di ranah geomatika.

Leica Cyclone Register 360 PLUS, Leica Cyclone 3DR hingga BricsCAD merupakan kombinasi software yang dapat digunakan untuk melakukan pemindaian laser, meregistrasi dan mengelola data pemindaian, membuat model 3D yang akurat serta mampu mengintegrasikannya ke dalam lingkungan desain dan konstruksi yang lebih besar.

Keberhasilan ini memberikan nilai materiil dalam bentuk perangkat lunak dan juga mencerminkan pengakuan terhadap keunggulan dan potensi yang dimiliki oleh Departemen Teknik Geomatika ITS di bidang geomatika.

Esha E. Saratoga selaku CEO PT Sonar Nusantara Utama menegaskan bahwa penyerahan hibah ini diharapkan tak hanya dapat menciptakan hubungan yang lebih erat antara dunia akademis dan industri survey pemetaan tetapi juga diharapkan dapat membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan teknologi khususnya teknologi survey dan pemetaan.

“Keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa, dosen, dan pihak terkait untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menghadirkan solusi teknologi terkini untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Terwujudnya kolaborasi antara PT Sonar Nusantara Utama, Leica Geosystem Indonesia dan Teknik Geomatika ITS melalui hibah canggih Leica Cyclone diharapkan menjadi sebuah terobosan dalam memajukan teknologi dan ilmu geomatika.

Melalui pemberian hibah ini, diharapkan Departemen Teknik Geomatika ITS dapat secara signifikan menuju puncak keunggulan hingga menjadi pusat unggulan yang mewujudkan kemajuan dan aplikasi teknologi geomatika tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di panggung internasional. 

Semoga sinergi ini membuka pintu menuju kesuksesan yang lebih luas, menjadi pendorong inspiratif bagi inovasi berkelanjutan dan pencapaian gemilang di masa depan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini