Sukses

Seekor Anak Badak Jantan Lahir di Taman Nasional Way Kambas

LHK merilis kelahiran seekor badak jantan di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Liputan6.com, Lampung - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar kembali menyampaikan kabar gembira di dunia konservasi Indonesia. 

Satu ekor anak badak sumatra atau Dicerorhinus sumatrensis berjenis kelamin jantan lahir dari induk bernama Delilah di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK) Lampung, pada Sabtu (25/11/2023).

Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, dari upaya pengembangbiakan semi alami yang dilakukan oleh SRS TNWK telah sukses menghasilkan lima badak sumatera.

"Badak yang lahir yaitu; Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga dari Ratu-Andalas (30 September 2023) dan anak dari Delilah-Harapan (25 November 2023)," kata Siti dalam keterangan tertulis, Minggu (26/11/2023). 

Dia menyampaikan, dari kelahiran badak kedua di tahun 2023 itu merupakan komitmen pemerintah Indonesia dalam konservasi badak, khususnya badak Sumatra. 

“Kita bersyukur atas kelahiran kelima di SRS TNWK. Kelahiran ini sekaligus menjadi kelahiran badak sumatra kedua di tahun 2023. Hal ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia, khususnya badak sumatera,” ucap Menteri Siti.

Deketahui, badak Delilah adalah badak sumatra betina berumur 7 tahun. Merupakan keberhasilan kelahiran pertama dari induk Delilah, yang merupakan perkawinannya dengan badak Harapan. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.