Sukses

Suara dari Batam untuk Dukung Palestina

Selain menyuarakan keadilan, juga disertai penggalangan dana untuk kemanusiaan korban perang di Palestina.

Liputan6.com, Batam - Ribuan warga kota Batam berkumpul di Lapangan Islamic Center Welcome To Batam. Mereka menggelar aksi peduli Palestina dengan penggalangan dana. Aksi ini diprakarsai Lembaga Amil Zakat Nasional (LMZ) Provinsi Kepri dan melibatkan 76 lembaga dan komunitas.

Menurut Heru Sulistyono, ketua panitia mengatakan mengatakan pihaknya menerima banyak permintaan dari masyarakat untuk membuat acara ini.

"Ketika kami sampaikan ke beberapa komunitas, beberapa lembaga pendidikan, dan paguyuban, alhamdulillah mereka sangat cepat merespon ini," kata Sulistyono, Minggu (26/11/23).

Melihat antusiasme masyarakat, pihaknya berharap akan digelar acara yang lebih besar lagi. Yang diadakan oleh pemerintah setempat. Dukungan dari pemerintah juga terlihat dalam aksi hari ini. 

"LMZ sudah berkomunikasi dengan MUI Kota Batam, dan mereka setuju untuk mengadakan aksi yang lebih besar lagi dan akan mengajak seluruh komponen masyarakat, lintas agama maupun suku-suku yang ada di Batam ini. Untuk donasi ada yang tunai dan ada yang melalui transfer ke rekening kami. Yang tunai sebanyak Rp174.710.000, sedangkan yang melalui transfer bank belum kami data," katanya.

Dalam kegiatan itu, barbershop se-Kota Batam juga melakukan aksi pangkas rambut dengan membayar seadanya. Nantinya uang yang sudah dikumpulkan akan didonasikan ke Palestina melalui LMZ.

Merespon kejadian di Bitung Sulawesi Utara, Sulistyono menyampaikan rasa prihatin karena ada korban jiwa.

"Kami percaya kepada polisi dan berharap agar pelakunya (penganiayaan) diusut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini