Sukses

Pesona Soto Nusantara, Bukti Nyata Kuliner Indonesia Punya Daya Tarik Luar Biasa

Tahun ini event Pesona Nusantara hadir kembali dengan tema Pesona Soto Nusantara; Taste the Legacy, Share the Story.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya dan itu telah menjadi identitas yang membanggakan di kancah internasional. Salah satu keberagaman budaya Indonesia tampak melalui banyaknya dan bervariasinya kuliner dari setiap daerah.

Tahun ini Pesona Nusantara hadir kembali dengan tema Pesona Soto Nusantara; Taste the Legacy, Share the Story. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi masyarakat Indonesia, bukan hanya memanjakan perut tetapi juga memberikan pemahaman tentang story dan history tentang soto di Indonesia.

Event ini merupakan event lanjutan dari serial Pesona Nusantara yang pernah diadakan di Podomoro University, yaitu Pesona Manis Nusantara 2016, Pesona Pedas Nusantara 2017, Pesona Rendang Nusantara 2018, Pesona Minuman Fermentasi Nusantara 2019, Pesona Bedulang Belitong Nusantara 2020, dan Pesona Kopi Nusantara 2022.

"Ini adalah aplikasi dari mata kuliah Event Management, dan salah satu visi misi podomoro university adalah berbudaya Indonesia, sehingga Pesona Nusantara ini hadir," kata Dosen pengampu mata kuliah MICE Management Dr Santi Palupi di Central Park Mall pada Rabu 22 November 2023.

"Harapannya juga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman langsung dalam mengelola acara berskala besar, sehingga mulai dari persiapan hingga sampai terlaksananya kegiatan semuanya dilakukan oleh mahasiswa,"kata Santi Palupi

Pesona Soto Nusantara yang diadakan oleh Podomoro University ini juga melibatkan chef professional seperti Santhi Serad, Chef Rendy Khong, Chef Ivan Leonard Mangundap, dan masih banyak lagi. Para ahli kuliner ini tidak hanya membagikan rahasia-rehasia dalam memasak soto yang lezat, tetapi juga berbagi cerita tentang keunikan dan kekayaan kuliner Nusantara. Peserta acara memiliki kesempatan langka untuk belajar langsung dari para maestro kuliner yang telah mengangkat citarasa Indonesia ke kancah internasional.

"Ini ketiga kalinya saya terlibat dalam Pesona Nusantara, dan tahun ini dengan tema soto saya sangat antusias sekali, karena soto merupakan kuliner Indonesia yang menghangatkan dan nyaman, dan di setiap daerah memiliki sajian soto,"kata Culinary Expert Santhi Serad.

"Saya juga berharap kegiatan ini bukan hanya memberikan pengetahuan tentang kuliner Indonesia, tapi juga dapat menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa Podomoro University, mungkin salah satunya membuka usaha bumbu untuk kuliner Indonesia," kata Santhi Serad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan hanya Festival Kuliner

Banyaknya tenant yang terlibat, membuat acara ini memberikan dampak positif ekonomi bagi para pelaku usaha kuliner, khususnya gerai soto. Mereka memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar dan menunjukkan kualitas kuliner mereka kepada khalayak yang lebih luas.

Pesona Soto Nusantara di Podomoro University menjadi bukti nyata bahwa kuliner Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa. Melalui perpaduan antara cita rasa yang autentik, keahlian para chef ternama, dan hiburan tradisional, acara ini tidak hanya menyajikan makanan lezat tetapi juga mengajak masyarakat untuk mendalami dan mencintai keberagaman kuliner Indonesia.

"Saya sangat penasaran ketika diundang kegiatan ini, dan saya juga tadi melihat demo cooking dari chef Shanti Serad, dan saya juga sangat berselera dan semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan juga supaya soto bisa go internasional,"kata tamu undangan, Yenny Kusuma, pendiri Kumala Home and Kitchen.

"Saya sangat senang sekali datang ke acara ini, saya tadi ikut seminar tentang soto, dan juga tadi keliling tenant-tenant, saya sangat berharap dengan kegiatan ini kita dapat lebih memperkenalkan kuliner Indonesia di kancah internasional," kata tamu undangan, Irawan Budianto dari Pemerintah Negara Bagian Australia.

Selain festival kuliner, event Pesona Soto Nusantara ini juga akan ada talkshow, cooking demo, penampilan musik dan tarian, dan juga lomba. Event ini akan berlangsung selama 3 hari, yaitu 22-24 November 2023 di Central Park Mall.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.